Home » Muda

JJ Rizal: Pilihan Pahlawan Generasi Zaman Now yang Masih Hidup

print this page Senin, 13/11/2017 | 16:23

Sejarawan JJ Rizal. FOTO: RILIS.ID/Taufiq Saifuddin

RILIS.ID, Jakarta— Sejarawan JJ Rizal mengatakan, dari total 173 Pahlawan Nasional, sampai hari ini masih terdapat daftar tunggu pengesahan gelar pahlawan dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Artinya, rekomendasi nama calon pahlawan tersebut masih tersimpan di laci kerja pemerintah.

"Saat ini masih banyak nama calon pahlawan seantero Nusantara yang tertanam di laci. Padahal pahlawan adalah salah satu alat yang bisa mempersatukan kita. Sehingga negara harus menetapkan pahlawan itu merepresentasi seluruh daerah di Indonesia," ucap JJ, sapaan akrabnya, kepada rilis.id, di Kompleks Parelemen, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Lebih jauh, JJ berpendapat, kepahlawanan itu ibarat album keluarga. Manakala ada salah satu anggota keluarga yang tidak tercantum fotonya dalam album tersebut, maka tentu saja dia akan merasa bukan bagian dari keluarga.

"Misalnya ada orang Papua yang melihat album itu tidak ada gambar Pahlawan Papua,  maka wajar kalau dia mengatakan Indonesia ini bukan negara gue," tutur JJ.

Ia juga menyoroti otoritas negara yang hilang sebagai pemberi gelar pahlawan setelah reformasi 1998. Zaman now, kata dia, justru komunitas kreatif, kampus dan civil society yang menentukan pahlawannya sendiri.

"Pilihan generasi sekarang sebagai pahlawan justru bukan pada mereka yang sudah meninggal tapi yang masih hidup. Sekarang masyarakat mencari pahlawan mereka sendiri. Bisa pahlawan yang punya peran dalam penanganan sungai, pahlawan di pertanian, lingkungan dan sebagainya," imbuh JJ dengan nada serius.

Sejatinya pahlawan, lanjut JJ adalah perwujudan nilai yang terbaik dari manusia Indonesia. Asal usulnya Hari Pahlawan sendiri dimulai sejak 1949, waktu itu Ibu Kota Negara justru bukan Jakarta tapi ada di Yogyakarta.

Penulis Taufiq Saifuddin
Editor Syahrul Munir

Tags:

Gelar Pahlawan NasionalPahlawan NasionalSejarawanZaman NowJJ Rizal

loading...