logo rilis
Jenderal Gatot Dinilai Belum Level Lawan Jokowi di 2019
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
31 Maret 2018, 15:09 WIB
Jenderal Gatot Dinilai Belum Level Lawan Jokowi di 2019
Gatot Nurmantyo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Nama mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terus meramaikan bursa calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Apalagi, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu akan resmi pensiun per 1 April 2018 besok.

Peneliti dari Centre for Presidential Studies (CfPS) Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, Muhammad Taufik Rahman, Gatot belum levelnya untuk berhadapan dengan Presiden Joko Widodo sebagai capres.

"Jenderal Gatot belum punya daya tawar yang cukup untuk melawan Jokowi dalam kontestasi pilpres," kata Taufik saat berbincang dengan rilis.id, Jakarta, Sabtu (31/3/2018).

Dia beralasan, popularitas Gatot sebagai capres masih jauh di bawah Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Apalagi, Gatot juga dinilai tidak memiliki daya tawar lantaran bukan kader partai politik.

"Beliau bukan kader partai, elektabilitasnya masih di bawah Jokowi dan Prabowo, dan logistiknya juga kurang," ujarnya.

Namun demikian, Gatot dinilai masih memiliki peluang mengikuti kontestasi pilpres bila legowo hanya menjadi calon wakil presiden. Bahkan, namanya juga cukup kompetitif bila dibandingkan dengan cawapres lainnya yang telah beredar.

"Prospek jadi cawapres justru masih kompetitif," sebutnya.

Seperti diketahui, nama Gatot selalu muncul dalam berbagai survei di sejumlah lembaga. Beberapa parpol juga sudah menyebut-nyebut namanya untuk dijadikan calon alternatif dalam pilpres nanti, salah satunya Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, bahkan langsung menawarkan kesempatan kepada Gatot untuk bergabung di Koalisi Nasional dalam menghadapi pilpres nanti.

“Selamat datang Pak Gatot, di arena kontestasi demokrasi. Mari bergabung bersama PAN dalam Koalisi Nasional untuk pemilu yang berkualitas,” kata Zulkifli.

Editor: Taufiqurrohman


komentar (0)