logo rilis

Jelang Vonis Novanto, Ini Harapan KPK
Kontributor
Tari Oktaviani
24 April 2018, 09:13 WIB
Jelang Vonis Novanto, Ini Harapan KPK
Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Setya Novanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, mengatakan, pihaknya menghargai segala keputusan majelis hakim kepada Setya Novanto. Menurutnya, KPK menyerahkan sepenuhnya pada hakim meski tak dipungkiri ia berharap tuntutan Jaksa terpenuhi.

"Tuntutan jaksa tentulah harapan kita dipenuhi, namun putusan hakim harus menjadi pegangan dan dihargai," ungkapnya, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Meski demikian, ia menyiratkan agar setidaknya Setya Novanto mau mengakui perbuatannya. Sehingga nantinya akan menjadi hal-hal yang meringankannya dari hakim.

"Putusan ada yang meringankan dan memberatkan, kita lihat hal tersebut, yang utama adalah keikhlasan kita mengakui kelemahan di mana, lalu untuk masa depannya," paparnya.

Sebelumnya, tim jaksa penuntut umum KPK menuntut terdakwa Setya Novanto dihukum 16 tahun penjara, denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan, dan membayar uang pengganti sesuai dengan uang yang diterimanya yakni US$7,435 juta dikurangi Rp5 miliar yang sudah dikembalikan kepada KPK. Ketentuannya, uang pengganti ini harus dibayar selambat-lambatnya 1 bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap.

Perbuatan Novanto dinilai terbukti melanggar dakwaan kedua yakni Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)