logo rilis
Jelang Pilkada, Perekaman e-KTP di Biak Meningkat
Kontributor
Kurniati
12 Januari 2018, 13:39 WIB
Jelang Pilkada, Perekaman e-KTP di Biak Meningkat
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Biak Numfor— Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018, permintaan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Biak Numfor, Papua hingga pertengahan Januari 2018 meningkat.

Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Biak, Mangihut Sitinjak mengatakan, puluhan masyarakat Biak dari berbagai kampung mengajukan permohonan perekaman data e-KTP di bidang pelayanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil.

"Setiap permintaan perekaman data e-KTP akan dilayani setiap hari jam operasional kerja pukul 08.00 WIT hingga 14.30 WIT," katanya di Biak, Jumat (12/1/2018)

Mangihut Sitinjak menargetkan pada bulan Maret 2018 pencetakan e-KTP sudah selesai dicetak Disdukcapil sehingga dapat digunakan warga untuk menyalurkan hak suaranya di pilkada serentak.

Menyinggung masa berlaku e-KTP yang habis, Mangihut Sitinjak mengatakan sesuai dengan keputusan Mendagri Tjahyo Kumolo tahun 2016 jangka waktu berlaku KTP elektronik seumur hidup.

"Kartu Tanda Penduduk yang sudah habis tetap saja dapat dipakai untuk keperluan pelayanan kependudukan," ujarnya.

Salah seorang warga Biak, Geried mengakui, dirinya mendatangi Disdukcapil Biak Numfor karena akan mengurus dokumen e-KTP.

"Saya sangat membutuhkan kepemilikan kartu tanda penduduk elektronik," ujarnya.

Berdasarkan data Disdukapil Biak, jumlah warga yang wajib KTP sebanyak 110 ribu jiwa dan yang sudah merekam 88 ribuan jiwa.

Sumber: ANTARA


#e-KTP
#Biak Numfor
#Pilkada
#2018
500
komentar (0)