logo rilis

Jelang Mudik, Semua Pihak Diminta Waspadai Gangguan Keamanan
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
24 Mei 2018, 11:29 WIB
Jelang Mudik, Semua Pihak Diminta Waspadai Gangguan Keamanan
Suasana Stasiun Senen saat musim mudik Lebaran. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Azam Azman Natawijana, mengingatkan agar semua pihak mengantisipasi gangguan keamanan saat arus mudik dan balik Lebaran 2018.

"Situasi ekonomi yang sedang sulit seperti saat ini, harus diantisipasi dengan peningkatan keamanan di seluruh pusat arus mudik pengguna transportasi," kata Azam pada Kamis (24/5/2018).

Sejumlah titik embarkasi dan jalur penyeberangan laut dinilai harus mendapatkan perhatian lebih, antara lain Pelabuhan Bakauheni Lampung dan Pelabuhan Merak Banten.

Politisi Demokrat itu mengemukakan bahwa di sejumlah titik itu layak bila pengamanan keamanan diperkuat.

Selain itu, lanjutnya, penting pula adanya penambahan ketersediaan lapangan parkir bagi kendaraan yang mengantre masuk ke kapal.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan pemerintah, khususnya Polri dalam mempersiapkan pelayanan mudik Lebaran secara menyeluruh.

"Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian serius, agar musim mudik mendatang benar-benar lancar, aman, dan nyaman," kata Bambang.

Menurut politisi Golkar itu, Polri memiliki peran penting dalam menangani arus mudik dan arus balik Lebaran, terutama untuk meningkatkan keamanan berlalu lintas, meminimalisasi kerusuhan dan tindak kriminalitas, mengingat kondisi arus lalu lintas di lajur mudik akan sangat ramai.

Sejumlah pihak memperkirakan bahwa puncak arus mudik Lebaran tahun 2018 diperkirakan pada 9-10 Juni 2018, sedangkan puncak arus balik diperkirakan pada 23-24 Juni 2018.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)