logo rilis

Jelang Kunjungan Menlu AS, Jenderal Myanmar Penanggung Jawab Rakhine Diganti
Kontributor
Sukma Alam
14 November 2017, 08:15 WIB
 Jelang Kunjungan Menlu AS, Jenderal Myanmar Penanggung Jawab Rakhine Diganti
Militer Myanmar. FOTO: BBC

RILIS.ID, Yangon— Menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson, Militer Myanmar resmi menggantikan Mayor Jendral Maung Maung Soe.

Maung Soe sebelumnya menjabat kepala komando barat di bagian Rakhine yang merupakan kawasan tempat tinggal Muslim Rohingya.

Baca Juga

"Saya tidak tahu alasan mengapa ia dipindahkan," kata Wakil Direktur Perang Psikologis dan Departemen Hubungan Masyarakat, Mayor Jenderal Aye Lwi di Kementerian Pertahanan.

"Dia tidak dipindahkan ke jabatan apa pun saat ini. Dia telah disiapkan."

Kunjungan Tillerson direncanakan untuk menyampaikan pesan tegas kepada jenderal Myanmar dan Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi untuk menghentikan krisis Rohingya.

Senator di Washington mendesak mengeluarkan undang-undang, untuk memberlakukan sanksi ekonomi dan sanksi perjalanan kepada militer serta kepentingan usahanya.

Pemerintah di Myanmar yang sebagian besar masyarakatnya umat Buddha Myanmar, menganggap Rohingya sebagai imigran ilegal dari Bangladesh.

Pada Agustus lalu, tentara Myanmar mengusir paksa 600 ribu muslim Rohingya ke Bangladesh. Tentara Myanmar melancarkan penggerebekan menumpas pemberontak bahkan penyiksaan dan kejahatan kemanusiaan lain.

Sumber: Antara


#Militer Myanmar
#Menlu As
#Rohingya
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)