logo rilis
Jelang Keputusan Suku Bunga Bank Indonesia, Rupiah Stabil
Kontributor
Elvi R
23 Oktober 2018, 09:42 WIB
Jelang Keputusan Suku Bunga Bank Indonesia, Rupiah Stabil
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supartman

RILIS.ID, Jakarta— Research Analyst FXTM Lukman Otunuga mengatakan, Rupiah memasuki pekan perdagangan baru dengan tidak bergairah, karena investor memilih menunggu rapat kebijakan Bank Indonesia di hari Selasa (23/10/2018). Menurutnya, BI sudah meningkatkan suku bunga sebanyak lima kali sejak bulan Mei dan diperkirakan akan mempertahankan suku bunga di level 5,75 persen. 

"Rupiah adalah salah satu mata uang yang berkinerja paling buruk di sepanjang tahun berjalan, sehingga siklus pengetatan BI mungkin belum berakhir. Dari aspek teknikal, investor akan sangat memantau perilaku nilai tukar Dolar di sekitar Rp15.200," ungkap Lukman dalam keterangan resmi yang diterima rilis.id, Selasa.

Sementara itu, suasana global juga patut diwaspadai mengingat, ketegangan dagang kembali memanas. Perkembangan situasi dagang AS-Cina kembali menjadi sorotan pascalaporan bahwa penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow menuduh Beijing "tidak melakukan apa pun" untuk meredakan ketegangan dagang menjelang rapat G20 di Argentina bulan depan.

Perkembangan situasi ini bukan hanya mengurangi optimisme bahwa Amerika Serikat dan Cina akan menemukan jalan tengah. Namun juga meningkatkan potensi bahwa AS tahun depan akan menambah tarif terhadap US$200 miliar impor China dari 10 persen menjadi 25 persen.

"Perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia menjadi ancaman besar terhadap pertumbuhan dan stabilitas global, sehingga sentimen saat ini sepertinya akan tetap rentan memburuk," katanya.

Sementara itu, dikutip dari Antara, nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi, bergerak melemah sebesar 26 poin menjadi Rp15.197 dibandingkan posisi sebelumnya Rp15.171 per Dolar AS.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID