logo rilis

Jelang Coblos Ulang, DPT Sampang Malah Berkurang
Kontributor
Budi Prasetyo
17 Oktober 2018, 22:40 WIB
Jelang Coblos Ulang, DPT Sampang Malah Berkurang
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Surabaya— Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang menyatakan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) berjumlah 767.032 pemilih.

Angka itu mengalami penurunan 36.467 suara dari yang awalnya berjumlah 803.499 pemilih.

"Ada juga beberapa pemilih yang harus melakukan perbaikan," kata komisioner KPU Jawa Timur, Choirul Anam, di Surabaya, Rabu (17/10/2018).

Dia mengatakan, PSU akan digelar pada tanggal 27 Oktober 2018 mendatang.

Saat ini, KPU Jatim dan KPU Sampag sendiri sudah melakukan perbaikan data pemilih di 14 kecamatan dan 186 desa di Sampang. 

“Perbaikan tersebut mengalami beberapa proses. Di antaranya, pemilih baru hingga penghapusan karena Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” tambahnya.

 Dia mengatakan, untuk pemilih baru, KPU Sampang mencatat  mencapai 5.020 orang.

“Perbaikan DPT menjadi salah satu rekomendasi Mahkamah Konstitusi (MK) dalam memutuskan pemungutan suara ulang dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sampang,” tambahnya.

Diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan pemungutan suara ulang di kabupaten Sampang karena menemukan daftar pemilih tetap (DPT) yang tidak valid.

Dalam putusannya, MK juga menyatakan  perbandingan antara DPT dengan jumlah penduduk yang Janggal. Jumlah pemilih yang masuk DPT sekitar 90 persen dari  jumlah penduduk Kabupaten Sampang sebanyak 844.872 penduduk.

Editor: Kurnia Syahdan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)