logo rilis
Jelang Asian Games, KemenPUPR Selesaikan Venue Kano Slalom
Kontributor
Tio Pirnando
21 Maret 2018, 08:59 WIB
Jelang Asian Games, KemenPUPR Selesaikan Venue Kano Slalom
(Venue Kano Slalom untuk Asian Games. FOTO: Humas PUPR

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memacu penyelesaian pembangunan venue cabang olahraga Kano untuk nomor Kano Slalom di Saluran Induk, Cipelang, Kecamatan Jatitujuh, Majalengka, Jawa Barat. Hal tersebut dalam rangka menyukseskan rangkaian agenda Asian Games XVIII pada 18 Agustus 2018.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung, Bob Arthur Lambogia, mengatakan, perkembangan pembangunan venue Kano Slalom itu sudah mencapai 91 persen. Ia mengaku optimis target penyelesaian pembangunan Kano pada akhir Maret akan terealisasi dan segera akan digunakan untuk test event.

“Saat ini tengah diselesaikan fasilitas penunjang. Kami bekerja sama dengan Ditjen Bina Marga untuk perbaikan jalan akses dan Ditjen Cipta Karya untuk penataan lansekap venue,” ujar Bob dalam keterangannya, Rabu (21/3/2018). 

Bob menjelaskan, desain venue Kano Slalom dibuat oleh BBWS Cimanuk-Cisanggarung, dan Pusat Litbang SDA Kementerian PUPR  dengan membuat rintangan yang dapat menghasilkan arus air sesuai dengan ketentuan lomba. 

Panjang lintasan yang disiapkan mencapai 450 meter terbagi menjadi lintasan warming up sepanjang 150 meter, lintasan perlombaan sepanjang 200 meter, dan sisanya digunakan untuk persiapan peserta.

Sementara  itu, untuk pembangunan jalan akses dan area parkir saat ini dalam proses lelang dan masa konstruksinya pada bulan April dan Mei 2018. Untuk penataan lansekap kawasan sekitar venue saat ini progresnya mencapai 14 persen. 

Sedangkan, anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan venue Kano Slalom sebesar Rp2,3 miliar. “Dalam pembangunannya kami juga berkordinasi dengan Pengurus PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) dan diawasi oleh Inasgoc. Venue yang kami persiapkan sudah sesuai standar internasional,” tuntas dia.

Editor: Sukardjito


komentar (0)