logo rilis

Jelang Asian Games, Ini Pesan BNNP DKI Jakarta
Kontributor
Kurnia Syahdan
14 Agustus 2018, 14:15 WIB
Jelang Asian Games, Ini Pesan BNNP DKI Jakarta
Billboard yang dipasang BNNP DKI Jakarta jelang Asian Games. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Benua Asia yang digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. 

Semarak persiapan menyambut Asian Games telah hampir rampung, mulai dari pembangunan infrastruktur, konsep penyelenggaran dan melatih para atlet yang akan bertanding. 

Dukungan terhadap kesuksesan prestasi atlet dalam ajang bergengsi ini juga diserukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta dengan motto 'Jadilah Juara Tanpa Narkoba'.

“Sebagai tuan rumah perhelatan Asian Games 2018, pemerintah tidak hanya sepakat mencanangkan kesuksesan penyelenggaraan, tetapi juga concern terhadap ukiran prestasi olahraga para atlet yang akan bertanding. Kami sangat mengapresiasi dan mendukung semangat bagi para atlet. Kami berharap mereka menjadi sosok inspirasi bagi Generasi Muda di Indonesia, untuk mengembangkan diri, mengukir prestasi dan tentunya melatih ketahanan fisik tanpa Narkoba,” kata Kepala Seksi Pencegahan, BNN Provinsi DKI Jakarta, Sayyid Aranjaya di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Selain untuk meningkatkan prestasi di kalangan remaja, Asian Games merupakan salah satu langkah kegiatan pencegahan untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan Narkoba. 

Di zaman modern ini, generasi muda akan banyak dihadapkan dengan berbagai tantangan dan ancaman, salah satunya Narkoba. 

Jumlah korban penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa cukup tinggi. 

Jika dibiarkan terus-menerus, maka masa depan bangsa akan hancur di tangan generasi muda yang terjebak dalam labirin Narkoba.

Hasil survei BNN bersama Puslitkes Universitas Indonesia tahun 2017 menyebutkan, jumlah penyalahgunan narkoba di negara itu sebesar 3,3 juta jiwa. 

Kriteria penyalahgunanya, pekerja sebanyak 59,3 persen, pelajar 23,7 persen dan masyarakat sebesar 17 persen. 

Sayyid mengatakan, daya rusak Narkoba sangat fatal, karena Narkoba bukan hanya merusak otak saja, tetapi akan mengganggu psikologis, fisik, serta moral penggunanya. 

"BNN Provinsi DKI Jakarta berupaya menggandengan seluruh komponen masyarakat dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)," katanya.

Ajang Asian Games ini, lanjut Sayyid, merupakan salah satu wadah yang sangat baik dalam upaya pencegahan Narkoba. 

Dengan kegiatan sportifitas ini, diharapkan para generasi muda dapat berkompetisi dengan baik, memiliki kesibukan untuk berlatih dan mengembangkan diri. 

"Sehingga, mereka tidak memiliki waktu untuk bergaul dengan lingkungan yang tidak baik.” jelasnya.

Saat ini, demam Asian Games kian terasa semaraknya di lingkungan pemerintah dan masyarakat khususnya di wilayah DKI Jakarta. 

Bentuk dukungan banyak menghiasi jalan-jalan ibu kota, baik berupa lukisan, spanduk, umbul-umbul dan lain sebagainya.

Sebagai bentuk ujaran dukungan bagi kesuksesan penyelenggaraan acara dan prestasi atlet Indonesia, BNN Provinsi DKI Jakarta memasang 10 (sepuluh) billboard dalam rangka Asian Games 2018. 

Lokasi pemasangan billboard terdapat di daerah Ciracas, Pasar Minggu, Kampung Artis, Taman Mini, Duren Sawit, Pulogadung, Tebet, Manggarai, Gambir dan Tanjung Priok.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)