logo rilis
Jelajahi Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung Makassar, Perlengkapan Ini Wajib Dibawa
Kontributor
Ning Triasih
08 Juni 2018, 10:59 WIB
Jelajahi Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung Makassar, Perlengkapan Ini Wajib Dibawa
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung Makassar menawarkan aktivitas liburan penuh petualangan. Di sini, Anda bisa menjajal berbagai aktivitas yang menantang, seperti berkemah serta trekking. 

Pengelola Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung memberi akses terbuka kepada siapa saja yang ingin melakukan aktivitas menyenangkan tersebut, baik wisatawan lokal atau mancanegara. Biaya administrasi yang diperlukan untuk dapat menikmati liburan outdoor di sini juga cukup terjangkau.

Untuk aktivitas berkemah, Anda hanya perlu membayar tarif Rp5.000 per orang. Tarif serupa juga diberlakukan untuk aktivitas trekking. Di waktu yang sama, ketika berkamping atau trekking, Anda juga harus mempertimbangkan perihal keamanan. 

Selama berada di alam, Anda akan dihadapkan dengan berbagai kondisi. Oleh karena itu, persiapan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, termasuk menggunakan perlengkapan yang komplet. Apa saja perlengkapan yang perlu dibawa?  Ada 10 jenis perlengkapan yang perlu Anda persiapkan, yakni sebagai berikut:

1. Tas carrier. Tas ini berguna untuk menyimpan seluruh barang bawaan Anda. Gunakan tas punggung yang kuat, kokoh, serta tahan air. 

2. Tenda menjadi perlengkapan penting ketika berkemah. Gunakan tenda berbahan parasut yang bisa menahan air dan angin ketika hujan. 

3. Perlengkapan masak serta pasokan makanan juga tidak kalah penting. Apalagi, Anda tidak bisa mengharapkan pedagang makanan ketika berkemah atau trekking. 

4. Pakaian hangat, terdiri dari jaket, topi dan sarung tangan. Usahakan pakaian itu memiliki warna yang mencolok agar terlihat lebih cerah ceria. 

5. Perlengkapan tidur berupa sleeping bag menjadi hal yang wajib. Sleeping bag ini memberi jaminan Anda bisa tidur di luar dengan hangat dan nyaman. 

6. Sepatu dan sandal gunung menjadi pelindung kaki dalam menjelajahi berbagai jenis medan yang Anda temui. 

7. Jas hujan. Peralatan ini utamanya diperlukan ketika Anda memutuskan berkemah di musim penghujan. 

8. Senter untuk penerangan di malam hari. 

9. Obat-obatan pribadi dan peralatan P3K yang diperlukan untuk menghadapi kondisi yang tak diinginkan, seperti tersengat binatang, digigit ular, atau terkena duri. 

10. Perlengkapan mandi

Tips Berburu Hotel Murah Meriah di Makassar

Berpetualang ke Taman Nasional Bantimurung-Bulusarung Makassar tidak butuh biaya mahal. Anda bisa memanfaatkan layanan pemesanan hotel murah yang disediakan oleh Airy Rooms—jaringan hotel murah terbesar di Indonesia. Hotel murah yang masuk dalam jaringan mereka bisa ditemukan di berbagai penjuru tanah air, termasuk Makassar. 

Dengan layanan hotel murah tersebut, Anda bisa menginap dengan nyaman tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Apalagi, hotel murah di Makassar yang mereka sediakan memiliki jaminan 7 fasilitas yang memberi kenyamanan kepada setiap tamunya. 

Setiap kamar yang mereka tawarkan telah dilengkapi pendingin AC. Selain itu, setiap kamar juga punya kamar mandi dengan shower air hangat. Di dalamnya juga sudah tersedia perlengkapan mandi, air minum gratis, serta akses internet WiFi gratis. Tidak ketinggalan, kebersihan tempat tidur selalu terjaga dan ada fasilitas hiburan berupa TV layar datar. 

Cara pemesanan kamar ekonomis di Makassar ini juga bisa dilakukan dengan mudah. Ada aplikasi yang secara khusus dipakai untuk melakukan pemesanan kamar, bisa ditemukan di Google Play Store dan App Store. Pencarian kamar bisa dilakukan dengan mudah berdasarkan lokasi ataupun tarif menginapnya. Untuk pembayaran, dapat dilakukan lewat sarana transfer bank atau bisa pula kartu kredit. 

Dengan melakukan persiapan yang matang, pengalaman melakukan kegiatan outdoor seperti berkemah atau trekking di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung bakal jadi kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi, taman nasional ini terkenal memiliki keindahan alam yang memukau. Tertarik ke sini?


500
komentar (0)