logo rilis
Jatim Fokus pada Penanganan HIV/AIDS
Kontributor
Budi Prasetyo
23 Maret 2018, 19:51 WIB
Jatim Fokus pada Penanganan HIV/AIDS
FOTO: We Care

RILIS.ID, Surabaya— Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur (Jatim) Hartoyo mengatakan, pihaknya menggagas pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) HIV/AIDS  karena di Indonesia yang terbesar penderita HIV berada di Jatim.

Ia menjelaskan, dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), HIV/AIDS menjadi salah satu poin yang dibahas yakni mewajibkan pemeriksaan intensif bagi orang asing atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang dari luar negeri untuk menjalani pemeriksaan AIDS.

"Penyelesaian Perda tersebut, ditargetkan selama dua bulan. Ini mengingat, arus tenaga kerja asing yang masuk ke Jatim semakin meningkat," katanya di Surabaya, Jumat (23/3/2018).

Ia mengatakan, dalam Perda HIV/AIDS nanti akan dimasukan soal tes HIV/AIDS bagi Calon Suami atau Istri sebelum melangsukan pernikahan. "Masalah tes tersebut tidak wajib, tapi tes tersebut bisa dilakukan kalau ada pasangan yang mengajukan," ujarnya. 

Dia menambahkan, bahwa Raperda ini penting dibahas, mengingat Jatim saat ini merupakan kawasan dengan jumlah pasien HIV/AIDS terbesar di Tanah Air. Bahkan, data per hari dari rumah Sakit Dr. Soetomo jumlah ibu yang akan melahirkan terkena HIV/ AIDS mencapai 80 orang. Pihaknya pun optimistis Perda tersebut bisa menjadi pagar untuk menekan angka pengidap HIV/AIDS. 

Editor: Intan Nirmala Sari


500
komentar (0)