logo rilis
Januari-April, 45.630 Orang Kunjungi TN Komodo
Kontributor
Kurniati
22 Mei 2018, 16:12 WIB
Januari-April, 45.630 Orang Kunjungi TN Komodo
Panorama Taman Nasional Komodo. FOTO: Instagram/@tan.li.ming

RILIS.ID, Kupang— Balai Taman Nasional Komodo mencatat, jumlah pengunjung yang berwisata ke Taman Nasional Komodo mencapai mencapai 45.630 orang pada periode Januari hingga April 2018

"Jumlah pengunjung ini didominasi wisatawan asing mencapai 27.550 orang dan domestik sebanyak 18.080 orang," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Komodo, Dwi Putro Sugiarto, di Kupang, Selasa (22/5/2018).

Ia mengatakan, jumlah tersebut masih lebih tinggi dibandingkan periode yang sama dari Januari-April tahun 2017 lalu yang tercatat sebanyak 38.147 orang.

Data yang diperoleh dari Balai Taman Nasional Komodo, jumlah wisatawan terkoreksi meningkat setiap bulan selama empat bulan terakhir.

Pada Januari 2018, jumlah pengunjung tercatat sebanyak 8.626 orang, kemudian Februari meningkat menjadi 9.119 orang. 

Kemudian, pada Maret sebanyak 13.668 orang dan terakhir pada April mencapai 14.217 orang.

Sebelumnya, Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budi Kurniawan, mengemukakan, arus wisatawan ke destinasi wisata yang terkenal sebagai habitat satwa purba Komodo (varanus komodoensis) itu masih terpantau aman dan lancar.

Sejumlah peristiwa terorisme berupa pengeboman yang terjadi di Surabaya, Sidoarjo dan Riau, belum berdampak signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan.

"Peristiwa terorisme itu sejauh ini tidak berdampak signifikan terhadap arus kunjungan wisatawan ke sini (TN Komodo)," katanya.

Ia mengatakan, pada masa-masa seperti ini, aktivitas wisatawan di kawasan wisata yang merupakan satu dari 10 destinasi unggulan nasional itu rata-rata berkisar dari 150 hingga 200 orang setiap hari.

Pihaknya optimistis, arus wisatawan akan terus membludak hingga akhir tahun 2018, seiring dengan semakin berkembangnya layanan transportasi maupun dukungan pembangunan infrastruktur di kawasan wisata setempat.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan internasional seperti "annual meeting" IMF-World Bank di Bali pada Oktober 2018 mendatang juga diyakini akan berdampak meningkatkan arus wisatawan.

Ribuan tamu mancanegara ditawarkan sejumlah paket wisata unggulan di Tanah Air, salah satunya Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores setelah mengikuti kegiatan di Bali.

"Harapan kami kegiatan internasional ini juga berkontribusi besar bagi peningkatan arus wisatawan ke Taman Nasional Komodo sendiri dalam tahun 2018 ini. Kami juga sementara melakukan berbagai persiapan untuk menyambut tamu-tamu internasional itu," katanya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)