logo rilis

Janji Puti saat Berkampanye di Banyuwangi
Kontributor
Budi Prasetyo
26 Maret 2018, 20:46 WIB
Janji Puti saat Berkampanye di Banyuwangi
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno. ILUSTRASI: RILIS.ID/Arif Setiadi

RILIS.ID, Banyuwangi— Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, ingin sumber daya manusia (SDM) Jatim berkualitas, sebagaimana Nawacita Presiden Joko Widodo. Salah satunya, akan mengalokasikan Rp1,4 triliun guna membebaskan biaya pendidikan SMA/SMK negeri.

"Tidak hanya sampai SMA/SMK. Kami pun menyiapkan ribuan beasiswa, agar anak-anak muda Jatim bisa berkuliah di dalam dan luar negeri," ujarnya saat berkampanye di Banyuwangi, Jatim, Senin (26/3/2018).

Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu target pembangunan dalam memimpin Jatim kelak. "Dan itu, berangkat dari problem masyarakat tentang akses pendidikan," jelasnya didampingi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Puti juga berjanji akan mengadakan program penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kreatif. Caranya, menyediakan akses modal murah, pelatihan, hingga beasiswa ekonomi kreatif ke kampus-kampus di dalam dan luar negeri.

Pada kesempatan sama, Anas mengatakan, program-program Saifullah Yusuf-Puti sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat Jatim. Bahkan, dia menganggap yang ditawarkan pasangan nomor urut 2 terintegrasi, karena mampu mencari solusi dari problem masyarakat dengan pendekatan multidimensi.

"Kalau Bapak-Ibu lihat program-program Mbak Puti, ini super lengkap. Dari a sampai z ada dan bisa menjawab problem Jatim. Itu menunjukkan, pemahaman beliau yang komprehensif dalam melihat kompleksitas masalah di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur," katanya.

Karenanya, Anas meminta, masyarakat Banyuwangi tak ragu memilih Puti. "Bukan saja karena cucu Bung Karno, tapi beliau punya program kerakyatan yang terukur, mulai dari pendidikan, kesehatan, pertanian, pengembangan perdesaan, pemberdayaan perempuan, dan penguatan UMKM," pungkasnya.

Saat berkampanye di Banyuwangi, Puti sempat menyambangi sejumlah lokasi dan kegiatan. Di antaranya, sentra UMKM, dusun kakao, pasar tradisional, rapat partai, jalur lintas selatan, destinasi wisata, hingga deklarasi relawan.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)