logo rilis
Jangan Tunggu Haus, Ini Waktu yang Pas Minum Air Putih
Kontributor
Ning Triasih
25 Januari 2019, 22:20 WIB
Jangan Tunggu Haus, Ini Waktu yang Pas Minum Air Putih
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Air putih memang kurang menggiurkan jika dibanding minuman berasa lainnya. Itulah mengapa tak sedikit orang baru mau minum air putih ketika haus melanda.

Padahal, tanpa harus menunggu rasa haus datang, ada waktu-waktu tertentu yang dianggap tepat untuk minum air putih. Kira-kiran kapan saja?

Sebelum tidur

Minum segelas air putih sebelum tidur membantu tubuh mengisi kembali cairan yang hilang setelah aktivitas seharian, serta membuang racun. Minum air putih sebelum tidur juga akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Bangun tidur

Ketika bangun tidur, tubuh akan kekurangan cairan alias dehidrasi. Karena itu, tak peduli seberapa banyak Anda minum sebelum tidur, Anda tetap harus 'mengisi ulang' cairan ke dalam tubuh Anda. Usai bangun, minumlah 1-2 gelas air putih di pagi hari. Ini juga berguna untuk membakar metabolisme dan membuang racun dalam tubuh.

Sebelum mandi

Minum segelas air putih sebelum mandi juga penting, karena dapat mencairkan tingkat natrium tubuh sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

Setengah jam sebelum makan

Umumnya, seseorang baru akan  minum saat makan atau sesudahnya. Padahal, setengah jam sebelum Anda makan adalah waktu yang pas untuk minum segelas air putih. Ini dapat membantu pencernaan Anda bekerja lebih baik.

Sebelum dan setelah olahraga

Air dapat mencegah kelelahan. Itulah mengapa sebelum dan sesudah olahraga Anda dianjurkan lebih banyak minum air putih. Ini juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan otot.

Saat lelah

Saat lelah melanda, minulah segelas air putih. Air dapat membantu otak Anda bekerja lebih baik. Seperti diketahui, kekurangan air pada otak tak hanya menyebabkan kelelahan tapi juga kabut otak, tidak fokus, sakit kepala, masalah tidur, emosi bahkan sampai depresi.

Ketika sakit

Saat sakit perbanyaklah minum air putih meski Anda tak berselera. Hal ini akan membantu memperbaiki daya tahan tubuh Anda lebih cepat.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID