logo rilis
Jangan Segan-segan Tangkap Buruh Asing Ilegal
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
02 Mei 2018, 15:22 WIB
Jangan Segan-segan Tangkap Buruh Asing Ilegal
Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf. FOTO: Dok DPR.

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf, meminta agar pemerintah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan TKA. Menurutnya, rekomendasi tersebut sudah dibuat sejak tahun 2016, namun hingga kini belum dijalankan pemerintah.

"Karena itu, dalam rapat kerja bersama pemerintah, kami memberikan waktu kepada pemerintah selambat-lambatnya tiga bulan untuk melaksanakan rekomendasi Panja TKA," kata Dede Yusuf, Rabu (2/5/2018).

Dalam raker tersebut, kata dia, Komisi IX juga meminta pemerintah segera menerbitkan regulasi turunan dari Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan TKA.

Aturan tersebut terkait peningkatan kualitas pendidikan dan keahlian tenaga kerja Indonesia dan tidak terjadi diskriminasi upah antara pekerja lokal dan pekerja asing.

"Perpres ini global sekali. Kalau materi turunannya tidak benar juga, baru kita tingkatkan kepada Pansus," ujar dia.

Ia mengimbau seluruh pihak untuk tidak segan-segan menangkap pekerja kasar asing ilegal, jika ditemukan. Menurutnya, penggunaan TKA di lndonesia hanya diperbolehkan pada level manajerial.

Sebelumnya, Dede Yusuf uga mengajak kaum buruh secara bersama-sama mengawal rekomendasi Panja Pengawasan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diberikan kepada pemerintah.

"Hasil rekomendasi kita berikan kepada kawan-kawan. Silahkan rekomendasi ini dikawal juga, karena rekomendasi yang sifatnya mengikat antara DPR dan pemerintah," ujarnya, kemarin.


500
komentar (0)