logo rilis
Jangan Sampai TKI Terkena Eksekusi Mati di Negeri Orang
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
21 Maret 2018, 02:16 WIB
Jangan Sampai TKI Terkena Eksekusi Mati di Negeri Orang
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza.

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan, meminta Pemerintah dan KBRI pro aktif dalam melakukan mediasi kepada negara pengguna Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Jangan sampai eksekusi mati TKI, seperti Muhammad Zaini Misrin Arsyad, belum lama ini kembali terulang lagi. 

"Hukuman pancung yang menimpa TKI kita di Arab Saudi, saudara Zaini Misrin, tak boleh terulang kemudian hari," kata Taufik Kurniawan, Selasa (20/3/2018).

Negara harus hadir dalam melindungi setiap WNI di seluruh dunia. 

Ia juga menyesalkan keputusan pemerintah Arab Saudi yang tidak menginformasikan eksekusi tersebut, lalu tidak mengizinkan jenazah almarhum dibawa pulang ke Indonesia.

Anggota Komisi I DPR RI, Biem Triani Benjamin, menegaskan agar pemerintah melindungi TKI yang bekerja di luar negeri, terutama mereka yang mengalami masalah hukum.

"Jangan sampai ada peristiwa TKI kita dihukum mati lagi," kata Biem.

Politisi Gerindra itu juga menginginkan fungsi yang dimiliki Kementerian Luar Negeri terkait perlindungan TKI perlu untuk dimaksimalkan.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, meminta masyarakat bisa memahami kebijakan eksekusi mati di Arab Saudi, khususnya TKI, Muhammad Zaini Misrin Arsyad pada Minggu, 18 Maret lalu.

"Pemerintah sudah berusaha, tapi kita juga harus memahami hukum yang berlaku di negara lain. Sama juga kita mengharapkan orang memahami hukum di Indonesia. Jangan lupa kita juga hukum mati orang terkait narkoba," kata dia.

Wapres meminta kepada para TKI yang ada di negara asing, untuk tidak melanggar hukum di negara tempat mereka bekerja.

Sumber: ANTARA


komentar (0)