logo rilis
Jangan Khawatir! Stok Obat Malaria di Mimika Aman
Kontributor
Kurniati
28 Maret 2018, 06:37 WIB
Jangan Khawatir! Stok Obat Malaria di Mimika Aman
Ilustrasi obat malaria. FOTO: Instagram.com

RILIS.ID, Mimika— Kepala Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Nasriah menyatakan stok obat malaria aman hingga Juni 2018.

"Obat malaria kita cukup sampai bulan Juni. Kami menghitung kebutuhan dan ajukan permintaan obat berdasarkan jumlah kasus. Yang tahu kasus itu orang program di Dinkes, kami di sini urusannya hanya logistik. Makanya kami selalu koordinasi," kata Nasriah di Timika, Rabu (28/3/2018).

Namun, katanya, jika ada lonjakan kasus malaria, maka tak menutup kemungkinan Dinkes Mimika meminta IFK mengajukan permintaan obat ke Dinkes Provinsi.

Nantinya, IFK Mimika akan menghitung kebutuhan obat berdasarkan laporan jumlah kasus dari bagian program malaria Dinkes Mimika.

"Tapi di Dinkes Provinsi pun kami dievaluasi, tidak semerta-merta yang diberikan itu sesuai permintaan yang kami ajukan," katanya.

Warga dapat memperoleh obat malaria dengan mudah sebab di Timika juga tersedia di klinik-klinik swasta. Obat malaria merupakan obat program dari Kementerian Kesehatan.

Untuk peredaran obat di klinik swasta, kata Nasriah, dikhususkan bagi klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Peredaran obat itu bukan kewenangan atau kebijakan IFK.

Menurutnya, IFK hanya menerima pengajuan kebutuhan obat malaria dari Puskesmas sudah termasuk kebutuhan untuk seluruh klinik swasta di wilayah kerjanya.

Intinya, permintaan kebutuhan obat malaria klinik swasta dijukan ke IFK sebagai kebutuhan Puskesmas. Padahal sebenarnya, peruntukan obat itu untuk klinik swasta.

"Itu kebijakan orang program, sekali lagi saya bilang saya hanya orang logistik. Kebijakan orang program mau salurkan kemana itu bukan kewenangan saya. Laporan saya ke pusat tahunya cuma pemakaian Puskesmas," ungkap Nasriah.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)