logo rilis
Jangan Keseringan Minum Es Teh Manis, Ini Bahayanya
Kontributor
Ning Triasih
13 Agustus 2018, 13:03 WIB
Jangan Keseringan Minum Es Teh Manis, Ini Bahayanya
ILUSTRASI: PIxabay

RILIS.ID, Jakarta— Siang-siang, ketika cuaca panas menyengat, paling cocok minum yang segar-segar. Es teh manis misalnya.

Ya, di Indonesia, teh manis bisa dibilang sebagai minuman favorit semua kalangan. Lantaran harganya yang terjangkau, minuman ini sering jadi pilihan sebagai teman makan siang kedai maupun restoran.

Teh memang memiliki cukup banyak khasiat untuk kesehatan. Namun, jika mengonsumsinya secara berlebihan apalagi ditambahkan pemanis buatan seperti gula, ini akan berdampak buruk bagi tubuh Anda.

Seperti dilansir dari Sehat Receh, inilah gangguan kesehatan yang bisa saja muncul jika minum teh manis secara berlebihan:

1. Diabetes

Saat minum teh, Anda umumnya akan menambahkan cukup banyak gula agar terasa manis. Artinya, minum teh manis sama halnya Anda mengonsumsi minuman bersoda. Kebanyakan mengonsumsi gula bisa berisiko diabetes. Karenanya, jika Anda menginginkan pemanis, pilihlah yang alami seperti madu.

2. Gangguan ginjal

Bebebrapa waktu lalu, CBS News sempat melaporkan tentang seseorang yang memiliki masalah ginjal. Diketahui penyebabnya yakni lantaran mengonsumsi teh manis secara berlebihan.

3. Penyempitan pembuluh darah

Teh, terlebih teh hitam mengandung kafein. Jika dikonsumsi berlebihan, ini dapat mengganggu peredaran darah. Teh hitanm bahkan sangat dilarang bagi penderita tekanan darah tinggi.

4. Obesitas

Semakin banyak Anda memasukkan gula pada teh, artinya Anda kandungan gula pada tubuh makin meningkat. Hal ini dapat memengaruhi berat badan Anda. 

5. Stroke

Minum teh manis artinya Anda cenderung menambahkan asupan gula ke dalam tubuh. Gula dapat meningkatkan konsentrasi trigliserida yang berisiko terhadap stroke.
 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)