logo rilis
Jangan Jijik Makan Pakai Tangan, Khasiatnya Luar Biasa!
Kontributor
Ning Triasih
15 Januari 2018, 21:45 WIB
berita
Makan pakai tangan. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Indonesia memiliki budaya makan pakai tangan. Namun, tak sedikit orang masih merasa jijik melakukannya dan memilih makan dengan sendok.

Padahal, selain lebih terasa nikmat, makan menggunakan tangan punya banyak khasiat. Lalu apa saja manfaatnya?

Inilah alasan mengapa Anda harus makan pakai tangan ketimbang sendok yang dilansir dari The Times of India:

Meningkatkan sirkulasi darah

Makan dengan tangan merupakan semacam latihan otot yang meningkatkan sirkulasi darah. Jadi, bagi Anda yang masih merasa jijik, pertimbangkan lagi.

Baik untuk pencernaan

Saat makan dengan tangan, jari-jari akan masuk ke mulut sehingga mengaktifkan organ sensorik. Hal ini akan membuat makanan dicerna dengan baik karena saat tangan menyentuh makanan, saraf di ujung jari merasakan, yang kemudian mengirimkan sinyal ke otak untuk melepaskan cairan pencernaan. Mungkin inilah alasan mengapa makanan terasa lebih enak saat menggunakan tangan.

Mempengaruhi cakra

Makan menggunakan tangan secara langsung akan merangsang cakra atau titik pusat energi di dalam tubuh. Pasalnya, ujung-ujung jari terhubung dengan jantung, mata kaki, solar plexus (cakra ketiga dekat diafragma atau perut), tenggorokan dan cakra seksual. Dan saat kita makan dengan tangan, gerak dan sentuhan mengaktifkan cakra dan memberi manfaat pada berbagai hal.

Lebih higienis

Mungkin pernyataan ini terdengar aneh. Nyatanya, tangan manusia lebih higienis dibandingkan sendok dan sumpit. 

Dapat merasakan makanan secara langsung

Logikanya, makan dengan sendok tidak bisa seberapa panas makanan Anda. Tapi dengan tangan, Anda bisa merasakannya dan ini akan membantu lidah Anda menyesuaikan.

Tags
#Makan pakai tangan
#Tips kesehatan
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)