logo rilis
Jangan Biarkan Si Gembrong Punah
Kontributor

29 Maret 2018, 20:52 WIB
Jangan Biarkan Si Gembrong Punah
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Seekor kambing unik dari Bali dinamai kambing gembrong. Kambing lokal satu ini, memiliki karakteristik khusus yang menjadikannya berbeda dengan jenis kambing lokal lainnya.

Bulunya panjang, menutupi muka bagian leher dan kaki, menjadi salah satu ciri khas kambing gembrong. Ciri ini, hanya terdapat pada kambing jantan, sedangkan yang betina tidak.

"Saat ini tidak banyak kita bisa menemukan kambing gembrong, karena populasinya sudah terancam punah," sebagaimana disampaikan Kepala BPTP Balitbangtan Bali Rai Yasa, Rabu (28/3). 

Pihaknya melaporkan, populasi kambing gembrong di Bali tinggal 34 ekor saja. Jumlah tersebut, tersebar di Kabupaten Gianyar dan Tabanan. Sedangkan di daerah asalnya, di Kabupaten Karangasem sendiri, kambing gembrong hampir tidak ada lagi.

Menurut Rai, karena erupsi Gunung Agung kemarin, kambing Gembrong direlokasi ke Kabupaten lain di Bali. Lebih lanjut, ia menjelaskan, upaya berbagai pihak di Bali terkait pelestarian kambing gembrong terus dilakukan. Menurutnya, kalau dahulu bulunya bernilai ekonomi tinggi untuk umpan ikan, sekarang sudah  tidak lagi.

Selain itu, juga dijelaskan perlu diteliti lebih lanjut potensi ekonomi yang dimiliki oleh  kambing gembrong  untuk menarik minat petani untuk memeliharanya, sehingga,  populasinya dapat ditingkatkan."Bagaimanapun kambing gembrong, jangan sampai punah" ujarnya menambahkan.

Sumber: Putu Sweken/Humas Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)