logo rilis

Jangan Anggap Sepele Kesemutan, Bisa Jadi Tanda Penyakit Tertentu
Kontributor
Tari Oktaviani
09 Januari 2020, 12:34 WIB
Jangan Anggap Sepele Kesemutan, Bisa Jadi Tanda Penyakit Tertentu
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Kesemutan sering dialami oleh semua orang. Memang bukan merupakan penyakit parah namun kesemutan kerap kali mengganggu, terlebih jika berlangsung lama.

 

Dalam dunia medis, kesemutan disebut juga parastesia. Biasanya orang yang mengalami kesemutan merasakan sensasi mati rasa dan seperti digigit banyak semut. 

 

Kesemutan bisa terjadi lantaran adanya tekanan di area tubuh tertentu sehingga membuat peredaran darah menjadi tidak lancar ke syaraf. Umumnya, terjadi di daerah tangan dan kaki. 

 

Meski begitu, dilansir dari situs alodokter, riwayat penyakit Raynaud juga bisa menjadi sebabnya. Penyakit ini memengaruhi pasokan darah ke area tertentu pada tubuh, seperti jari-jari tangan dan kaki. Penyakit ini khususnya menyerang saat penderita sedang stres, gelisah, atau berada di ruangan bersuhu dingin.

 

Kesemutan biasanya juga terjadi hanya beberapa kali dan dalam waktu yang singkat. Namun bila anda kesemutan secara berkepanjangan maka perlu diwaspadai.

Kesemutan yang terjadi secara berkepanjangan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan anda, misalnya akibat menderita penyakit diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, stroke, tumor otak, kanker, ketidakseimbangan hormon, multiple sclerosiscarpal tunnel syndrome, kompresi saraf ulnaris.

Tak hanya itu saja, mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat memberi efek kesemutan. Lalu ada pula kasus karena terpapar zat beracun seperti merkuri, talium, timbal, arsenik, dan beberapa bahan kimia lainnya.

Jika anda merasa kesemutan berkepanjangan maka segera periksakan ke dokter untuk diketahui penyebabnya. Biasanya dokter akan meminta untu pasien menjaalani beberapa tes seperti tes darah, tes elektromiogram (EMG), pemeriksaan cairan serebrospinal, tes konduksi saraf, MRI, dan biopsi.

Guna menghindari kesemutan maka terapkanlah gaya hidup sehat seperti makan bergizi, rajin berolahragi, minum banyak air putih dan tidak merokok dan minum alkohol.

Jika anda tengah mengalami kesemutan maka baiknya yang perlu dilakukan adalah ubah gerakan. Misalnya ketika kaki kesemutan karena terlalu lama bersila maka langsung luruskan kaki anda. Selain itu, anda juga bisa mengompres bagian yang kesemutan dengan air dingin. Biasanya, cara cara itu dapat menghilangkan kesemutan dengan segera. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID