logo rilis
Jamkrindo Ajak Mahasiswa Kembangkan 'Startup' Industri Makanan
Kontributor
Fatah H Sidik
17 April 2018, 17:05 WIB
Jamkrindo Ajak Mahasiswa Kembangkan 'Startup' Industri Makanan
Ilustrasi startup. FOTO: pixabay.com

RILIS.ID, Semarang— Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) mengajak kalangan mahasiswa mengembangkan bisnis rintisan (startup) sektor industri pangan. Salah satu tujuannya, mendukung program ketahanan pangan.

"Ini baru kami adakan kali pertama untuk mengembangkan salah satu aplikasi bisnis menyasar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," kata Direktur Utama Jamkrindo, Randi Anto, sela "Jamkrindo Startup Challenge 2018" di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Selasa (17/4/2018).

Menurutnya, mahasiswa perlu didorong berinovasi mengembangkan bisnis. Dengan begitu, nantinya tak bergantung pada pemerintah dalam mencari lapangan pekerjaan.

"Kalau startup-nya berhasil, mereka justru bisa menciptakan lapangan kerja. Kami sudah bekerja sama juga dengan dua lembaga financial technology (fintech), yakni Amartha dan Investree," terangnya.

Selain mahasiswa, perusahaan pelat merah ini juga menyasar peserta yang dijaring terbuka sebelumnya untuk membangun startup industri pangan. Hingga kini, sudah ada 79 pendaftar.

"Tetapi, yang sudah melengkapi berkas-berkas persyaratan sekitar 29 peserta. Ini masih terus bertambah," kata Randi.

Sementara, Rektor Undip, Yos Johan Utama, mengapresiasi kompetisi startup Jamkrindo. Sebab, mendorong semangat kewirausahaan generasi muda.

"Kerja itu tidak harus jadi anak buah. Namun, kami justru dorong jadi pemimpin-pemimpin di bidang wiraswasta. Hasilnya justru lebih banyak," tuntasnya.

Sebelum ke Undip, kegiatan serupa digelar di Code Margonda, Depok, 4 April. Besok (18/4), akan dilanjutkan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kesempatan berikutnya di Surabaya dan Jakarta.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)