logo rilis

Jalan Terputus Isolir Sejumlah Desa di Aceh Selatan
Kontributor
Syahrain F.
24 Maret 2018, 20:01 WIB
Jalan Terputus Isolir  Sejumlah Desa di Aceh Selatan
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Aceh— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Aceh, menyebut, sejumlah gampong atau desa di wilayah setempat masih tertimbun longsor akibat hujan deras.

"Terus diupayakan tanpa henti siang dan malam sampai hari kedua Jumat, (23/3)," kata Kepala BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma, di Banda Aceh, Sabtu (24/3/2018).

Pihaknya, dibantu aparat terkait, di antaranya tim SAR dan TNI/Polri masih fokus membuka badan jalan yang tertimbun longsor dengan menggunakan beberapa unit alat berat.

"Untuk lalu lintas di Gampong Subarang, Samadua sejak Jumat telah dibersihkan. Kini sudah bisa dilalui kendaraan bermotor, dan sudah normal seperti biasa," katanya.

Seperti diketahui, hujan deras yang terjadi, Selasa, (20/3), dan berlansung selama sepuluh jam lebih atau mulai pukul 14.30 WIB hingga 24.00 waktu setempat telah mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Total terdapat 75 desa di sepuluh kecamatan di Aceh Selatan dikepung banjir yang mengakibatakan 1.823 rumah terendam air setinggi antara 30 centimeter hingga satu meter lebih.

Sedikitnya 5.774 kepala keluarga dari tujuh kecamatan yang telah terdata menjadi korban terdampak banjir dari peristiwa alam tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat mengingatkan, sejumlah daerah mewaspadai hujan petir di Aceh bagian Barat dan Selatan.

Wilayah di Aceh bagian Barat dan Selatan di antaranya Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, dan Simeulue.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)