logo rilis
Jaga Stok dan Harga, DPR Minta Pemerintah Sidak Ketersediaan Pangan
Kontributor

31 Mei 2018, 16:03 WIB
Jaga Stok dan Harga, DPR Minta Pemerintah Sidak Ketersediaan Pangan
Teguh Juwarno. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Pemerintah didesak terus melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa sentra pangan dan pasar untuk memantau ketersediaan pangan selama Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Sidak penting dilakukan agar tak ada spekulasi harga yang berkembang di pasaran dan menyulitkan para konsumen.

Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno menyampaikan hal itu sesaat sebelum mengikuti Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

"Komisi VI meminta pemerintah khususnya kepada Satgas Pangan, selama Ramadan dan jelang lebaran terus melakukan sidak dan pengawasan sekaligus memonitor di sentra-sentra pangan dan pasar induk tentang ketersediaan pangan ini, agar harga tidak dispekulasikan," katanya.

Komisi VI, ucap politisi PAN ini, juga ikut memantau ketersediaan pangan tersebut. Biasanya jelang lebaran, komoditas pangan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat terus melonjak harganya karena tingginya permintaan. Bila harga terlalu tinggi, tentu akan timbulkan kepanikan di tegah masyarakat.

"Sejauh ini, kita lihat kesiapan pemerintah untuk lebaran tahun ini cukup baik. Kita harapkan tidak terjadi spekulasi harga," ujarnya, dikutip dari laman DPR.

Sementara ketika ditanya tentang pentingnya operasi pasar, ia menjawab, operasi pasar diperlukan untuk menjaga stabilitas pangan terutama di daerah-daerah yang bukan sentra produksi kebutuhan pokok.

Operasi pasar ini, katanya, sangat membantu kelompok masyarakat kelas bawah untuk mendapatkan harga kebutuhan pokok yang murah.

Seperti diketahui, saat ini masyarakat kelas bawah sedang menghadapi problem perekonomian yang cukup berat.

"Ada perlambatan perekonoian di akar rumput," pungkasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)