logo rilis
Jadi Salah Satu Sumber Devisa, BI Sinergikan Peningkatan Pariwisata
Kontributor
Elvi R
28 Agustus 2018, 23:21 WIB
Jadi Salah Satu Sumber Devisa, BI Sinergikan Peningkatan Pariwisata
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Yogyakarta— Bank Indonesia bersama Kementerian Koordinator Kemaritiman memperkuat sinergi untuk mempercepat pengembangan pariwisata prioritas melalui penyelenggaraan rapat koordinasi pemerintah, pemerintah daerah, dan Bank Indonesia yang akan berlangsung Rabu (29/8) di Yogyakarta.

Rapat koordonasi dengan tema "Memperkuat Sinergi dalam Akselerasi Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas" itu akan dihadiri Gubernur Bank Indonesia (BI), Menko Kemaritiman, Menteri Pariwisata, Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, serta sejumlah gubernur, bupati/walikota yang daerahnya terdapat destinasi wisata prioritas.

"Fokus kita adalah bagaimana sektor pariwisata betul-betul menjadi sumber devisa kita," kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Regional II BI Dwi Pranoto saat jumpa pers di Yogyakarta, Selasa.


Menurut Dwi, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang berpotensi secara cepat mendorong penerimaan devisa.

Hal itu diharapkan mendukung perbaikan transaksi berjalan dan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja.

Oleh sebab itu, kata dia, melalui rakor tersebut diharapkan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Bank Indonesia dapat merumuskan upaya konkret secara struktural untuk mengatasi permasalahan terkait pengembangan destinasi pariwisata dan pendukungnya. Meski demikian, kata dia, sinergi percepatan pengembangan pariwisata itu akan difokuskan untuk empat destinasi wisata superprioritas, meliputi Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Aida Budiman mengakui pertumbuhan penerimaan devisa dari sektor pariwisata sangat tinggi.

Pada 2010 penerimaan devisa dari sektor pariwisata mencapai US$7 miliar dan pada 2017 tumbuh menjadi US$14 miliar.

Sementara itu, Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Kementerian Kemaritiman Safri Burhanudin mengatakan pariwisata menjadi salah satu dari bebarapa sektor prioritas pembangunan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Empat destinasi wisata superprioritas tersebut diharapkan mampu menjadi lokomotif pertumbuhan pariwisata baru di Indonesia," kata dia.

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID