logo rilis
Jadi Penyebab Inflasi, Bulog Ajak Petani Simpan Hasil Panen Bawang Merah
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
03 Mei 2019, 09:11 WIB
Jadi Penyebab Inflasi, Bulog Ajak Petani Simpan Hasil Panen Bawang Merah
FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin

RILIS.ID, Brebes— Perum Bulog Divre Jawa Tengah mengajak kepada para petani bawang merah untuk terbiasa menyimpan hasil panennya. Karena, menurut Kepala Bulog Divre Jawa Tengah, Mentoba Sugit T Mulyono, selama ini bawang merah menjadi komoditas yang paling punya andil besar terhadap inflasi. 

Mentoba mengatakan, para petani bawang merah selama ini lebih suka menjual langsung ketika hasil panen tiba, tanpa menyimpan lebih dulu. 

"Itulah yang menjadi inflasi setiap saat terus berlangsung," katanya di Gudang CAS Bulog, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (2/5/2019). 

Sebelumnya berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), bawang merah dan bawang putih memberikan andil besar terhadap inflasi selama April 2019. 

Berdasarkan data itu, bawang merah mengalami kenaikan harga sebesar 22,93 persen dengan andil terhadap inflasi mencapai 0,31 persen. Sedangkan bawang putih harganya naik 35 persen dan berpengaruh sebesar 0,09 persen terhadap inflasi. 

Menurut Mentoba, seharusnya keberadaan gudang CAS Bulog yang dilengkapi dengan teknologi canggih dan modern itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para petani. 

"Seharusnya bila ini dimanfaatkan dengan baik, tapi masyarakat belum terbiasa. Masyarakat lebih suka panen jual, sehingga tidak terbiasa menyimpan," ujarnya. 

Saat ini, ungkap Mentoba, Bulog Divre Jawa Tengah tengah gencar melakukan sosialisasi kepada petani bawang merah untuk menyimpan hasil panennya. Namun, menurutnya, menciptakan kesadaran petani untuk menyimpan komoditas panen itu memang tidak mudah. 

"Tapi kami tidak bosan-bosan menyosialisasikan ini. Pak Kasub setiap event selalu menyosialisasikan bahwa di sini ada CAS. Bahkan Pak Bupati akan membangun lima unit lagi semacam ini. Dan Pak Gubernur sudah menyetujui. Mudah-mudahan di lingkungan ini tidak ada lagi gejolak khususnya bawang merah," paparnya. 

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID