logo rilis
Jadi Konsumen Cerdas, Ini yang Harus Dilakukan
Kontributor
Ning Triasih
24 April 2018, 22:48 WIB
Jadi Konsumen Cerdas, Ini yang Harus Dilakukan
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Di era yang sudah serba canggih seperti sekarang, di mana transaksi digital makin meningkat, masyarakat harus paham dan sadar akan hak-haknya sebagai konsumen. Karena itu, konsumen dituntut agar lebih cerdas.

Lalu bagaimana cara menjadi konsumen cerdas? Seperti cuitan di Twitter Kementerian Kesehatan (Kemenkes) @KemenkesRI, Selasa (24/4/2018), konsumen cerdas era digital harus mempraktikkan tiga hal berikut ini:

1. Gunakan produk dalam negeri

Sebagai konsumen yang cerdas di era digital, Anda harus mengutamakan penggunaan produk lokal atau dalam negeri. Penggunaan produk dalam negeri yang sesuai ketentuan akan meningkatkan daya saing dan perekonomian bangsa, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2. Bertanda SNI

Selain menggunakan produk buatan negeri sendiri, pastikan juga barang-barang yang Anda pakai bertanda Standar Nasional Indonesia (SNI). Produk bertanda SNI akan menjamin kepastian atas kesehatan, keamanan dan keselamatan konsumen, bahkan lingkungannya.

3. Kartu Garasi

Terakhir, konsumen cerdas harus memperhatikan label dan manual kartu garansi berbahasa Indonesia, terlebih untuk pembelian produk telematika dan elektronik.

Bagimana, sudahkah Anda jadi konsumen cerdas di era digital?


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)