logo rilis
Iwan Bule Intervensi Pilgub? Begini Caranya...
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
20 Juni 2018, 10:12 WIB
Iwan Bule Intervensi Pilgub? Begini Caranya...
Mendagri Tjahjo Kumolo berbincang dengan Pj Gubernur Jabar, Iwan Bule saat pelantikan di Gedung Merdeka Bandung. FOTO: Dok Kemendagri.

RILIS.ID, Bandung— Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Komjen Pol Mochamad Iriawan (Iwan Bule), memastikan dirinya tak akan menyalahgunakan kekuasaan. Apalagi, saat ini saat ini ia berada di penghujung kariernya di institusi Polri.

"Apa mungkin saya mau mengorbankan / menghancurkan karier saya di Polri yang sudah dengan susah payah saya titi selama hampir 34 tahun," kata Iwan saat dihubungi wartawan, belum lama ini.

Selain itu, ia juga merupakan putra daerah asal Kuningan, Jawa Barat. Jadi, menurutnya tidak mungkin lah dirinya mencoreng wajahnya di depan para sepuh dan masyarakat daerah tersebut. 

"Saya juga ingin mengukir nama baik dan sukses sebagai penjabat gubernur Jabar," tuturnya.

Ia memberikan tanggapan tersebut lantaran adanya tudingan bahwa dirinya selaku perwira tinggi Polri tak akan netral dalam kontestasi Pilgub Jabar.

"Bagaimana caranya saya tidak netral?  Apakah dengan cara saya menggerakan komponen yg ada di Jabar untuk memenangkan salah satu pasangan calon tertentu?" ujarnya.

"Kalau itu saya lakukan, pasti akan bocor dan ramai. Sangat besar risikonya untuk jabatan dan karier saya," ujar Iwan Bule.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melantik Iwan Bule sebagai Pj Gubernur Jabar pada Senin, 18 Juni lalu di Gedung Merdeka Bandung.

Iwan Bule sendiri merupakan Sestama Lemhanas yang juga baru dilantik pada Maret lalu. Kemendagri sendiri mengklaim pengangkatan Iwan sebagai Pj Gubernur Jabar sudah sesuai aturan, yakni menduduki kursi pejabat tinggi madya.

Dirjen Otda Kemendagri, Sumarsono, membantah kalau pihak Pemerintah sengaja memindahkan Iwan ke Lemhanas agar dapat ditunjuk sebagai Pj Gubernur Jabar. "Kami tahunya, sudah di Lemhanas," ujarnya.

Iwan sendiri sempat mengaku bahwa penunjukkan dirinya sebagai Pj sangat tiba-tiba. Karena, saat lebaran H+2 di Surabaya, Mendagri kemudian menghubungi dirinya atas informasi tersebut.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)