logo rilis
Israel Justru Dukung Penembakan terhadap Demonstran Palestina
Kontributor
Syahrain F.
01 April 2018, 23:59 WIB
Israel Justru Dukung Penembakan terhadap Demonstran Palestina
Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman dan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu. FOTO: Reuters/Baz Ratner

RILIS.ID, Yerusalem— Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman membela serangan fatal yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap warga Palestina yang menggelar demonstrasi damai pada Jumat (30/3/2018).

"Saya menghormati tentara Israel yang menjaga perbatassn Israel, sehingga warga Israel bisa merayakan hari raya dengan damai," ungkap Netanyahu seperti dilansir dari harian Israel Haaretz, Sabtu (31/3).

"Israel akan bersikap tegas untuk melindungi kedaulatannya dan menjaga keamanan warganya," kata dia.

Lieberman mengkritik tuntutan untuk menyelidiki serangan mematikan itu. Dia mengatakan bahwa pihak-pihak yang ingin mendalami kasus itu tidak bersikap logis.

"Saya tidak mengerti sekumpulan orang munafik yang meminta diadakannya penyelidikan," cuitnya di Twitter.

Pendapat Netanyahu dan Lieberman tersebut tidak didukung oleh banyak komunitas internasional. Sejumlah pejabat pemerintahan telah menyuarakan keprihatinannya terhadap serangan tersebut, termasuk Jerman, Irak, dan Inggris.

Netanyahu juga mendapat perlawanan dari dalam negeri. Tamar Zandberg dari partai sayap kiri Meretz menuntut diadakannya investigasi terkait peristiwa tersebut  dan mengatakan warga Palestina merupakan sasaran dalam demonstrasi.

17 warga Gaza tewas dan ratusan lainnya terluka pada Sabtu ketika pasukan Israel menembaki demonstran saat menggelar Land Day.

Land Day adalah peringatan tahunan Palestina untuk mengenang tewasnya enam warga Arab Israel yang dibunuh pasukan Israel pada 1976 ketika mendemo penyitaan tanah  di Israel Utara.

 

 

 

 

Sumber: Anadolu Agency


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)