logo rilis

Investarisasi Kawasan Pertanian, Ketersediaan Beras Bantul Aman
Kontributor

13 Januari 2018, 22:38 WIB
Investarisasi Kawasan Pertanian, Ketersediaan Beras Bantul Aman
Ilustrasi panen. FOTO: RILIS.ID/Tari Oktaviani

RILIS.ID, Bantul— Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengiventarisasi kawasan pertanian padi. Dari data tersebut, dipastikan masyarakat tak kekurangan beras. 

"Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BPPBK) memerintahkan untuk inventarisasi daerah atau desa mana yang bulan ini panen dan berapa luasannya," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Subiyanta Hadi, di Bantul, DIY, Sabtu (13/1/2018).

Maksud lainnya, mengetahui gambaran produksi beras secara umum di Bantul. "Pada bulan Januari ini, sedang memasuki musim panen padi, seperti di wilayah Kecamatan Sedayu dan Pandak," jelasnya.

Berdasarkan data inventaris, kata Subiyanta, terdapat beberapa wilayah panen. Misalnya, Kecamatan Jetis seluas 13 hektare, Desa Banguntapan 14 hektare, dan Desa Triharjo Pandak empat hektare.

Malah, Desa Tamanan Banguntapan pada minggu depan juga akan panen di lahan seluas 10 hektare. Sedangkan, di wilayah Argomulyo Sedayu, tengah panen 15 hektare.

Dia meyakini, jumlah lahan yang panen di pekan depan akan bertambah. Begitu pula pada Februari mendatang di sejumlah lokasi.

Dengan demikian, menurut Subiyanta, Bantul mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakatnya. "Sesuai data panen itu, kebutuhan beras Bantul bisa dipenuhi dari daerah sendiri," pungkasnya. 

Sumber: ANTARA


#Bantul
#Padi
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)