logo rilis
Intip Yuk Perbedaan Seragam TNI AD, AL dan AU
Kontributor
Sukma Alam
08 Juni 2018, 16:45 WIB
Intip Yuk Perbedaan Seragam TNI AD, AL dan AU
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki berbagai macam pakaian yaitu aksen loreng, topi baret, lencana, pangkat bahu, serta sepatu PDH (pakian dinas harian). Sebagai prajurit dan bekerja di instansi militer, tentu mempunyai peraturan penggunaan seragam.

Bila diperhatikan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam berbagai acara tampil menggunakan seragam loreng saat menemui masyarakat, pertemuan antarlembaga negara dan lain-lain.

Namun, perlu diketahui tidak semua TNI AD, AL, dan AU saat dinas memakai pakaian loreng. Mereka punya aturan tertentu dalam penggunaan pakaian dinas TNI.

Tanda kepangkatan TNI mengikut dari pakaian dinas yang digunakan. Di antaranya, Pakaian Dinas Upacara (PDU), Pakaian Dinas Harian (PDH) dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL). Kepangkatan itu dibagi menjadi dua, yakni pemegang komando (ada garis merah di pinggir atau tengah) dan staf biasa.

Berikut ulasannya yang dihimpun rilis.id dari berbagai sumber:

1. TNI AD

TNI AD (Angkatan Darat) biasanya mengenakan seragam dengan motif loreng khas tentara, yang dilengkapi dengan baret dengan warna yang disesuaikan dengan paduan warna hijau, hitam, dan coklat tua. Mereka juga harus mengenakan sepatu khusus berwarna hitam agar semakin gagah menjaga kedaulatan NKRI.

Pakaian Dinas Upacara TNI AD

 

Pakaian Dinas Lapangan TNI AD

2. TNI AU

TNI Angkatan Udara memiliki 6 kategori berpakaian, yaitu Pakaian Dinas Upacara (PDU), Harian (PDH), Pesiar (PDP), Pakaian Dinas Lapangan (PDL), Drumband (PDD) & Olahraga (POR). Dari 6 kategori tersebut dibagi lagi menjadi beberapa seragam sesuai dengan kegiatan. 

Pakaian Dinas Upacara TNI AU

Pakaian Dinas Harian TNI AU

Pakaian Dinas Harian Lapangan biasa dikenakan saat upacara tanggal 17 setiap bulannya

Pakaian Dinas Harian Lapangan TNI AU

3. TNI AL

Seragam TNI Angkatan Laut juga dibedakan menjadi PDH Upacara, PDH Penerbang, PDH Penerbang SAR, PDH Pomal, dan PDH Layar. Berikut gambar seragam TNI Angkatan Laut:

 

Pakaian Dinas Harian Upacara TNI AL

Pakaian Dinas Harian Pomal

Pakaian Dinas Harian Lapangan TNI AL




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID