logo rilis
Inilah Wajah-wajah Paskibraka 2018 yang Bertugas di Istana Merdeka Besok
Kontributor
Ning Triasih
16 Agustus 2018, 20:32 WIB
Inilah Wajah-wajah Paskibraka 2018 yang Bertugas di Istana Merdeka Besok
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana berjabat tangan dengan anggota Paskibraka 2018 di Istana Negara, Jakarta. FOTO: Instagram/@paskibraka.republik.indonesia

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengukuhkan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Rabu (15/8) kemarin. 

Mereka akan bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2018 di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Ke-68 anggota Paskibraka ini merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), putra-putri terbaik perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Sebelum akhirnya dilepas dan ditugaskan dalam upacara pengibaran bendera pada peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 besok, para anggota Paskibraka telah lebih dulu dilatih serta dibina pendidikan dan latihan (Diklat) Paskibraka 2018 di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga (PP-PON) Kemenpora, Cibubur, Jakarta Timur.

Formasi Paskibraka

Ketika bertugas, pasukan pengibar bendera terbagi menjadi tiga formasi. Pertama yakni Pasukan 17, terdiri dari 17 anggota yang berperan sebagai pengiring.

Berikutnya yaitu Pasukan 8, terdiri dari delapan anggota Paskibraka (lima putri dan tiga putra). Mereka dikawal anggota ABRI atau polisi. Pasukan 8 adalah pasukan inti.

Ketiga, pasukan 45 yang terdiri dari anggota ABRI atau polisi, mereka sebagai pasukan pengawal atau pengaman. Angka 17-8-45 sendiri diambil dari Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Anggota Paskibraka Nasional ini dibagi dua tim. Tim pertama adalah pasukan yang bertugas pagi sebagai pengibar bendera. Sedangkan tim kedua adalah pasukan yang bertugas di sore hari saat penurunan sang Merah Putih.

Lalu seperti apa wajah-wajah para Paskibraka Nasional 2018 yang bertugas di Istana Negara, Jakarta besok? Berikut foto-foto anggota Paskibraka 2018 saat acara pengukuhan oleh Jokowi, dihimpun rilis.id dari unggahan Instagram Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, @nahrawi_imam:

1. Nur Hikmah Ramadhani, pemimpin dalam upacara Pengukuhan Paskibraka 2018 mencium Sang Merah Putih.

2. Jokowi menjabat tangan satu per satu anggota Paskibraka Nasional 2018.

3. Penghormatan kepada Presiden Jokowi sebagai pembina upacara.

4. Inilah wajah-wajah anak bangsa yang bakal mengibarkan Sang Saka Merah Putih di upacara peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2018.

5. Pasti menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bisa terpilih sebagai petugas pengibar bendera di momen paling bersejarah di Indonesia.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)