Home » Ragam

Inilah Benda Pembunuh Tersembunyi di Bawah Bantal

print this page Jumat, 12/1/2018 | 19:54

ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Kamar yang nyaman adalah tempat sempurna untuk menciptakan tidur nyenyak. Namun, bagaimana jika ada satu benda di bawah bantal yang diam-diam bisa membunuh Anda?

Benda itu tidak lain adalah smartphone alias ponsel pintar yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Bahayanya, meletakkannya di bawah bantal atau di dekat Anda ketika tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan, baik mental maupun fisik. 

Pasalnya, ponsel memancarkan radiasi berbahaya yang dapat merusak otak sehingga menyebabkan sakit kepala, nyeri otot dan masalah kesehatan lainnya. Transmisi sinyal sekitar 900 MHz juga berdampak buruk pada berfungsinya sistem tubuh Anda.

Bahkan, sebuah studi mengatakan, terpapar radiasi ponsel digadang-gadang mengakibatkan disfungsi ereksi. Jika hal itu terjadi, maka berpengaruh terhadap sistem produktif dan bisa menurunkan jumlah sperma dan mobilitas.

Tak hanya itu, cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel juga bisa menghalangi produksi hormon penginduksi tidur, yang juga disebut sebagai melatonin. Ini mengganggu ritme sirkadian (body clock) sehingga mengalami kesulitan tidur. 

Peringatan WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan, penggunaan ponsel atau meletakkannya di dekat Anda saat tidur mungkin karsinogenik (dapat menyebabkan kanker), terutama pada anak-anak. Pasalnya, kulit kepala dan tengkorak mereka lebih kecil daripada orang dewasa dan mereka lebih rentan terhadap radiasi. 

Oleh karenanya, jika Anda khawatir dengan risiko kanker, sebaiknya gunakan earphone atau speakerphone saat Anda berbicara di telepon dan hindari meletakkan ponsel di dekat Anda saat tidur.

Jarak ideal ponsel

Sebenarnya tak ada tolok ukur jarak tertentu yang diberikan. Namun, disarankan untuk menyimpannya setidaknya beberapa meter. Karena itu, saat tidur sebaiknya matikan ponsel Anda. Jika hal itu tak memungkinkan, letakkan beberapa meter dari tempat tidur Anda. 

Penulis Ning Triasih

Tags:

ponsel pintarradiasi ponselsmartphone