logo rilis

Ini yang Wajib Ada di Kulkas agar Sahur Lebih Gampang
Kontributor
Ning Triasih
16 Mei 2018, 12:02 WIB
Ini yang Wajib Ada di Kulkas agar Sahur Lebih Gampang
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Puasa Ramadan 2018 sudah di depan mata. Sesuai hasil sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (15/5) kemarin, 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, 17 Mei besok.

Ya, mulai besok sampai sebulan ke depan, seluruh umat Muslim menjalankan ibadan puasa Ramadan. Tapi, sebelum memulai puasa, Anda dianjrkan untuk sahur lebih dulu.

Kepada rilis.id, Manajer Sakura Park Hotel and Residence Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Edy Nizon Fong, mengatakan, ada beberapa bahan makanan yang wajib tersedia di lemari es atau kulkas agar aktivitas sahur jadi lebih gampang. Hotel Sakura Park sendiri memiliki restoran yang meyajikan menu kuliner ala Jepang dan China. Berikut beberapa bahan makanan tersebut:

Ikan atau daging

Jangan lupa sediakan ikan, daging atau ayam di dalam kulkas Anda. Bahan-bahan ini lebih dulu dibersihkan dan dipotong-potong sesuai selera dan kebutuhan. Lebih bagus lagi jika sudah dibumbui sehingga saat menjelang sahur, Anda akan lebih cepat dalam mengolahnya.

Sayuran

Sayuran bisa Anda siapkan di sore atau malam harinya, sehingga pada saat menjelang sahur di dini hari, Anda tinggal mengolahnya. Sayur bisa Anda masak sesuai selera, misalnya ditumis atau dimasak berkuah.

Buah-buahan

Buah-buahan juga wajib mengisi kulkan Anda di  bulan puasa, terlebih untuk santapan saat sahur. Pilihlah buah yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga baik untuk pencernaan Anda, seperti jeruk, pepaya, apel, pisang (tidak perlu dimasukkan ke kulkas), semangka, melon, jambu dan sebagainya.

Sup

Begitu pun dengan sup. Siapkan bahan-bahan dasar sup sesuai selera. Ini dapat disiapkan di siang atau sore sebelumnya, sehingga proses masak untuk santapan sahur akan jauh lebih efisien dan cepat.

Roti

Roti bisa Anda beli disupermarket di siang atau sore harinya untuk disantap ketika sahur. Roti ini hanya sebagai makanan pelengkap saja, atau alternatif jika Anda tak mau menyantap makanan berat.

Susu

Sebagai pelengakap, siapkan juga susu berkualitas bagus yang bisa Anda beli di supermarket terdekat. Susu juga sangat di sarankan dapat di simpan di kulkas guna menjaga kesegarannya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)