logo rilis
Ini yang Terjadi pada Tubuh usai Putus Cinta
Kontributor
Ning Triasih
30 Mei 2018, 21:31 WIB
Ini yang Terjadi pada Tubuh usai Putus Cinta
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Setiap kali menyebut kata "putus", yang tersisa adalah rasa sakit. Selain sakit hati yang pengaruhnya terhadap mental, rumanya putus cinta juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kok bisa?

Sederhananya begini. Ketika seseorang putus cinta dan merasakan sakit, otomatis tubuh tak berfungsi dengan benar. Lalu apa yang terjadi pada tubuh usai putus cinta? Ini jawabannya, meansir dari The Times of India:

Nyeri otot

Otot-otot Anda bisa membengkak, sehingga menimbulkan sakit kepala dan leher kaku. Juga, kaki Anda mungkin membuat sulit menaiki tangga atau bahkan berjalan jarak pendek, kata sebuah studi oleh University of Texas. Menurut penelitian, pasangan yang bercerai 23 persen kemungkinan mengalami kesulitan dengan mobilitas. Anda juga menjadi lebih rentan terhadap kejang otot.

Nyeri dada

Putus cinta acap kali membuat seseorang merasa sesak lantaran tenggelam dalam kesedihan. Rupanya, rasa sesak di dada itu benar-benar terjadi. Sakit emosional yang dirasakan sebenarnya mengarah ke rasa sakit fisik, terutama nyeri dada.

Mata bengkak

Tentu saja, ketika putus cinta, waktu dihabiskan untuk menangis. Jadi jangan heran jika keesokan harinya mata akan bengkak seolah susah berkedip. Namun, air mata emosional lebih berair dan kurang asin dibanding tangisan biasa, sehingga akan membuat mata lebih bengkak dari biasanya.

Masalah pencernaan

Karena otot-otot Anda mungkin sakit, pasokan kortisol tubuh akan terhambat sehingga tidak memadai, ini akan berakibat pada organ-organ pencernaan. Alhasil, menyebabkan hilangnya nafsu makan, diare atau bahkan kram perut. Sebuah studi oleh Harvard Medical School membuktikan, ketika seseorang putus cinta, otak akan menghasilkan hormon penekan nafsu makan.

Kenaikan berat badan

Ketika dilanda stres, sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga tubuh akan menghasilkan lebih banyak insulin untuk mengimbanginya. Ini mengakibatkan gula yang disimpan sebagai lemak. Anda tahu artinya? Ya, akan terjadi kenaikan berat badan.

Masalah jantung

Ketika stres, adrenalin akan meningkat. Ahli jantung percaya bahwa tak jarang orang mengalami masalah jantung atau bahkan serangan jantung setelah putus cinta.

Kulit Kusam

Usai putus cinta, biasanya kulit akan kusam. Hal ini lantaran adanya peningkatan hormon stres. Apalagi bagi yang sudah memiliki masalah kulit seperti jerawat, ini akan semakin memburuk.


500
komentar (0)