logo rilis

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Ajak Bayi Berenang di Waterpark
Kontributor
Tari Oktaviani
24 Desember 2019, 16:23 WIB
Ini yang Harus Diperhatikan Saat Ajak Bayi Berenang di Waterpark
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Mengajak si dedek bayi ke kolam renang sepertinya banyak menjadi pilihan wisata untuk mengisi waktu liburan. Namun kerap kali beberapa orang tua khawatir kapan waktu yang tepat mengenalkan kolam renang ke dedek bayi.

Dilansir motherandbaby.com, konsultan pakar untuk Mother&Baby UK, Alison Duff mengatakan, tidak ada batasan usia untuk mengajak bayi berenang di kolam renang. “Bayi boleh berenang sejak usia berapa pun,” ujarnya.

Baca Juga

Meski begitu, idealnya anda bisa membawa bayi anda ke kolam renang umum ketika ia menginjak enam bulan. Pasalnya, daya tahan tubuh si dedek bayi sudah sedikit lebih kuat.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan membawa bayi anda ke kolam renang umum.

Pertama, yakni kesehatan si dedek bayi. Sebaiknya ajak bayi berenang ketika ia dalam keadaan sehat. Tentunya hal ini penting supaya sakitnya tak memburuk pasca berenang.

Kedua, cobalah dulu di kolam renang yang dangkal alias cetek. Hal ini menghindari bayi kaget dan menangis ketika berada di kolam renang yang dalam. Setelah sudah terbiasa, barulah kemudian anda bisa mengajaknya ke kolam renang dalam. Tentunya dengan tetap dipegangi oleh orang dewasa.

Ketiga, perhatikan reaksi si dedek bayi. Jika ia menangis ketika dimasukan ke air sebaiknya angkat terlebih dahulu. Jika sudah sedikit lebih tenang barulah masukan lagi dedek bayi ke kolam dengan kaki terlebih dahulu. Jangan sekali kali paksakan si dedek bayi untuk berenang ketika ia sudah menangis histeris.

Keempat, bawalah mainan. Bayi biasanya teralihkan perhatiannya ketika sudah melihat mainan. Supaya ia tidak takut air, cobalah bawa beberapa mainan ke kolam renang seperti bola warna warni, atau apa saja yang bisa mengapung.

Kelima, jangan terlalu lama si dedek bayi berenang. Meskipun ia terasa senang dan nyaman tapi alangkah baiknya jangan lebih dari satu jam. Jika sudah terlihat gemetaran atau bibirnya membiru maka langsung angkat si kecil dan balut dengan handuk.

Keenam, pasangkan pelampung. Hal ini menghindari kelalaian orang tua yang mengawasi. Maka lebih baik jika bayi anda di pasangkan pelampung ya.

Beberapa hal tadi tentunya tetap harus diperhatikan meskipun sebagai orang tua rasanya tetap ingin bermain bersama anak di kolam renang umum. Oh ya, jika si kecil belum terbiasa maka alangkah baiknya dicoba dulu di bath up




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID