logo rilis
Ini Waktu yang Pas Beri Durian untuk Si Kecil
Kontributor
Ning Triasih
27 Maret 2018, 22:02 WIB
Ini Waktu yang Pas Beri Durian untuk Si Kecil
FOTO: YouTube

RILIS.ID, Jakarta— Buah adalah asupan pas untuk si kecil yang baru belajar mengunyah. Bagaimana dengan buah durian?

Durian dianggap sebagai buah unik dan terbilang memabukkan. Bahkan, banyak orang membenci buah berduri ini karena aromanya. Itulah mengapa tak sedikit orang tua ragu memberikan durian pada si kecil.

Lalu, bolehkah bayi makan durian dan kapan waktu terbaik memberikan durian pada bayi?

Sebenarnya, durian sama dengan buah-buah lainnya. Lagi pula, belum ada penelitian yang secara spesifik mengulik soal pemberian durian pada bayi.

Perlu diketahui, memasuki usia satu tahun, bayi sebenarnya sudah diperbolehkan mengonsumsi makanan berat. Syaratnya, tekstur makanan itu harus agak lunak. Si kecil baru akan menerima makanan keluarga dengan baik ketika ia berusia 2-3 tahun.

Artinya, Anda sudah diperbolehkan si kecil makan durian setelah usia 2-3 tahun. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan. Kenalkan rasa durian dalam porsi kecil. Namun, untuk jaga-jaga, lebih baik konsultasikan lebih dulu dengan dokter anak sebelum Anda memberikan makanan pada si kecil.

Bayi di bawah satu tahun dilarang makan durian

Sebaliknya, jika bayi belum mencapai satu tahun, tak dianjurkan memberikan durian pada bayi. Pasalnya, buah ini mengandung serat yang cukup tinggi. Dampaknya bagi bayi adalah bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung.

Selain itu, kandungan gula dalam durian juga cukup tinggi. Durian mengandung gula sederhana, sukrosa, fruktosa dan glukosa, yang dapat meningkatkan kadar gula darah pada bayi Anda. Akibatnya, bisa menyebabkan obesitas dan juga meningkatkan risiko diabetes.


500
komentar (0)