logo rilis
Ini Tips Jaga Kolesterol saat Lebaran dari Menkes
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
14 Juni 2018, 19:03 WIB
Ini Tips Jaga Kolesterol saat Lebaran dari Menkes
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Kesehatan Nila Moeloek, mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga asupan makan, terutama kadar kolesterol saat Lebaran, mengingat banyak hidangan bersantan pada hari raya tersebut. Nila pun memberikan tips agar masyarakat bisa menghindari sejumlah penyakit yang kerap terjadi di hari Lebaran tersebut.

Nila mengingatkan agar masyarakat tetap berpedoman pada slogan Isi Piringku yang dikampanyekan pemerintah.

"Isi Piringku pengganti 4 Sehat 5 Sempurna ini menyarankan agar porsi makan dalam satu piring berisi 50 persen sayur dan buah, 25 persen karbohidrat, dan 25 persen sisanya lauk pauk," kata Nila di Jakarta, Kamis (14/6/2018).

Menkes Nila kemudian menyarankan agar masyarakat menjalankan sunnah puasa Syawal bila mampu. Hal itu untuk mengerem asupan makanan tinggi kolesterol dan kalori di hari raya.

"Itu bagus juga puasa selama enam hari, Lebaran hari kedua langsung puasa saja," ujarnya.

Dia menilai, hidangan hari raya yang mengandung santan, kalori dan gula tinggi banyak disajikan dan disantap oleh masyarakat setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Dengan begitu, sejumlah keluhan penyakit kerap terjadi pada hari raya tersebut.

"Penyakit pascalebaran kolesterol naik, berat badan naik. Saat puasa turun 2 kilogram sehabis Lebaran naik 5 kilo, tolong hati-hati," tuturnya.

Tidak hanya kolesterol, kasus penyakit yang meningkat sesudah Lebaran juga termasuk diabetes melitus, hipertensi dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada anak.

"Anak-anak biasanya ISPA karena dibawa ke sana ke mari dan menjadi batuk pilek. Diare juga ada karena terlalu rakus untuk makan," paparnya.

Sumber: Antara


500
komentar (0)