logo rilis
Ini Tandanya Imunitas Anda Lemah
Kontributor
Ning Triasih
23 April 2018, 22:30 WIB
Ini Tandanya Imunitas Anda Lemah
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Setiap orang pasti ingin memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Imunitas kuat tak hanya melindungi diri dari infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan pilek dan batuk, tetapi juga menjauhkan dari penyakit seperti hepatitis, infeksi paru-paru, infeksi ginjal, infeksi usus, hingga kondisi autoimun.

Ya, manusia hidup dikelilingi oleh patogen (mikroorganisme penyebab penyakit), mulai dari makan, minum, hingga bernapas. Tetapi, asalkan kekebalan tubuh Anda kuat, kemungkinan untuk jatuh sakit akibat patogen sangat rendah. Lalu bagaimana mereka yang punya imunitas lemah.

Tanpa harus pergi ke dokter untuk memeriksa imun Anda kuat atau rendah, sebenarnya ada beberapa tandanya. Melansir dari The Times of India, berikut empat tanda seseorang punya kekebalan tubuh lemah:

Gampang sakit

Jika Anda sering jatuh sakit, mengeluh kedinginan, pilek, batuk, sakit tenggorokan dan ruam kulit terus-menerus, maka sangat mungkin sistem kekebalan tubuh Anda terganggu. Hal ini bisa diakibatkan oleh pengaruh cuaca yang tak menentu. Suhu tubuh normal yang mendukung sistem kekebalan yang kuat tidak boleh di bawah 36,3 derajat celcius.Olahraga teratur adalah cara terbaik untuk meningkatkan suhu dan pertahanan tubuh. Selain itu, tunjang dengan rutin mengonsumsi ramuan rempah-rempah hangat seperti bawang putih, jahe, kayu manis dan cengkeh.

Jarang demam

Anda tak pernah demam? Jangan senang dulu. Pasalnya, tanda kekebalan tubuh rendah adalah ketidakmampuan menimbulkan demam. Demam adalah cara tubuh melawan penyakit. Jika Anda belum mengalami demam selama bertahun-tahun meskipun mengalami infeksi, itu adalah pertanda kekebalan tubuh Anda rendah.

Kesehatan usus buruk

Sekitar 80 persen kekebalan tubuh ada di perut. Artinya, jika Anda kerap mengalami masalah di perut seperti gangguan pencernaan, asam lambung dan kembung, itu mungkin menjadi pertanda kekebalan tubuh Anda lemah.

Vitamin D3 rendah

Vitamin D adalah sumber kekebalan tubuh. Artinya, jika vitamin D Anda rendah, berusahalah untuk meningkatkan levelnya. Terlepas dari itu, tanda-tanda seperti kelelahan tiba-tiba, lemas, cedera yang lama sembuhnya, insomnia, depresi, hingga lingkaran hitam di bawah mata adalah tanda kekebalan tubuh Anda rendah.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)