logo rilis

Ini Tandanya Diet Keto Anda Sukses
Kontributor
Ning Triasih
17 Juli 2018, 11:04 WIB
Ini Tandanya Diet Keto Anda Sukses
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Beberapa waktu belakangan, diet ketogenik atau keto cukup populer di kalangan masyarakat. Berbondong-bondong orang menjalani program diet ini demi menurunkan berat badan.

Melansir dari Wikipedia, diet ketogenik adalah metode diet tinggi kuantitas lemak sehat, tinggi kualitas tetapi rendah kuantitas protein, bebas karbohidrat kecuali karbohidrat dari sayuran. Metode diet ini biasanya digunakan untuk penyembuhan epilepsi tanpa menggunakan obat-obatan. Selain itu, metode diet keto juga dirasakan bisa sebagai cara membunuh sel-sel kanker.

Sederhananya, diet keto menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Diet ini digadang-gadang dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat namun tetap meningkatkan energi.

Ada sejumlah orang yang sukses dan berhasil menjalani diet ini. Namun, tak sedikit pula yang gagal di tengah jalan. Lalu apa tanda keberhasilan dari diet keto, atau menyadari bahwa tubuh 
telah mencapai ketosis?

Seperti dilansir dari The Times of India, sebenarnya ada beberapa tandanya. Pakar kesehatan mengatakan, tanda-tanda ini tidak bertahan lama. Setelah tubuh beradaptasi dengan proses pembakaran lemak, maka secara otomatis menghilang. Apa saja?

Bau mulut

Diet keto memang cukup ampuh dalam menurunkan berat badan, tapi tidak dengan napas Anda. Ya, jika Anda menjalani diet ini, tentu tahu betapa buruknya terhadap mulut. Pasalnya, dalam diet ini, tubuh akan menghasilkan produk sampingan usai memecah lemak sebagai energi. Oleh karena itu, limbah ini dihilangkan melalui keringat, napas dan urin. Untuk menghilangkan bau nafas yang bau ini, seringlah menyikat gigi atau mengunyah permen mint bebas gula.

Lesu sepanjang hari

Mengikuti diet ini juga dapat membuat Anda merasa lelah, sehingga akan lemas sepanjang hari. Para ahli mengatakan, agar terasa energik, Anda tidak boleh melakukan aktivitas berat dan begitu tubuh Anda terbiasa, maka Anda mulai merasa aktif.

Badan sakit dan kram

Gejala lain dari keberhasilan diet keto adalah Anda mungkin menderita kram dan sakit badan. Pasalnya, ketika Anda menurunkan asupan karbohidrat, Anda mungkin menderita ketidakseimbangan mineral dan elektrolit. Ini bisa menyebabkan kekurangan natrium, kalium dan magnesium. Karena nutrisi ini diperlukan untuk mencegah sakit dan kram, kekurangannya dapat menyebabkan kram.

Masalah pencernaan

Orang-orang yang menjalani diet ketogenik sering mengalami konstipasi. Ini terjadi karena asupan serat tidak cukup, yang menyebabkan kesulitan buang air besar. Masalah pencernaan juga bisa terjadi lantaran tidak adanya karbohidrat dalam diet Anda.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)