logo rilis
Ini Syarat Pemohon Rumah DP 0 Rupiah 
Kontributor
Afid Baroroh
14 Maret 2018, 13:13 WIB
Ini Syarat Pemohon Rumah DP 0 Rupiah 
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Gubernur DKI Jakaarta, Sandiaga Uno, mengungkapkan beberapa syarat terhadap pemohon rumah dengan uang muka (down payment) 0 Rupiah.

"Program tersebut dikhususkan bagi yang telah menikah dan memiliki penghasilan sampai dengan Rp7 juta," katanya di Balai Kota Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Menurutnya, syarat tersebut juga dibuktikan dengan surat keterangan dari lurah setempat, termasuk penghasilan total sampai dengan Rp7 juta per bulan.

Sandiaga mengatakan, program tersebut merupakan klasifikasi target pasar yang ingin disasar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

"Selain itu, yang boleh mendaftar hanya penduduk DKI yang dibuktikan dengan KTP DKI," jelasnya.

Sebagai informasi tambahan, persyaratan bagi pemohon meliputi beberapa hal, yakni Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Jakarta, salinan e-KTP DKI Jakarta, dikeluarkan tahun 2013 atau sebelumnya dan salinan Kartu Keluarga (KK). 

Selain itu, berusia minimal 21 tahun dan diprioritaskan sudah berkeluarga, belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi perolehan rumah berupa pemilikan rumah dari pemerintah pusat maupun daerah.

Bukti masa kerja atau usaha minimal 1 tahun juga dibutuhkan. Pemohon juga diminta untuk melampirkan, salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku.

"Dan, bukti penghasilan dalam satu keluarga tidak melebihi batas penghasilan masyarakat berpenghasilan rendah (Rp7 juta)," pungkas Sandiaga Uno.

Editor: Kurniati


500
komentar (0)