logo rilis
Ini Strategi Emil Dardak Angkat Derajat PKL dan UMKM di Jatim
Kontributor
Sukma Alam
26 Maret 2018, 14:22 WIB
Ini Strategi Emil Dardak Angkat Derajat PKL dan UMKM di Jatim
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. FOTO: RILIS.ID/Budi Prasetiyo

RILIS.ID, Surabaya— Calon wakil gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, menyatakan siap melindungi dan mengembangkan para pedagang kaki lima (PKL) maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Emil menemui para relawan yang menamakan diri Perjuangan Anak Bangsa Khofifah-Emil di Surabaya.

Emil mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan program khusus PKL maupun UMKM, salah satunya pernah diterapkan di Trenggalek, Jawa Timur.

"Bentuk perlindungan dan pengembangan UMKM yang telah diterapkan di Trenggalek dan terbukti berhasil adalah komunal branding, yaitu merek bersama yang bisa digunakan oleh berbagai perajin batik di desa," kata Emil, Senin (26/3/2018).

Dia mencontohkan produk-produk batik dari para perajin di desa-desa Trenggalek pada akhirnya bisa dijual di salah satu mal ternama di Jakarta karena menggunakan merek komunal branding. "Kalau para PKL dan UMKM disuruh menanggung risiko bisnis sendirian melawan perusahaan-perusahaan besar dan toko ritel modern, ya berat," ucapnya.

Keberadaan perusahaan besar dan toko ritel modern, lanjut dia, memang tidak bisa dihindari bagi para PKL dan pelaku UMKM. "Sekarang tinggal bagaimana kita membangun sinergi antara perusahaan besar tersebut agar dapat mengangkat para pedagang yang berskala kecil di bawahnya seperti PKL dan UMKM," ujarnya.

Emil berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa, diusung koalisi Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, PPP, Partai Hanura dan Partai NasDem. Sedangkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)