logo rilis
Ini Sosok Pengganti Khofifah di Kabinet Kerja
Kontributor
Armidis Fahmi
14 November 2017, 09:39 WIB
Ini Sosok Pengganti Khofifah di Kabinet Kerja
Rapat Kabinet Kerja. FOTO: BIRO PERS ISTANA.

RILIS.ID, Jakarta— Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan, Presiden Jokowi harus cermat memilih sosok yang pas menggantikan kursi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Jika presiden tidak cermat mencari penggantinya, akan menghambat kinerja pemerintahan karena sedang menghadapi tahun politik.

"Saya kira pengganti Khofifah sebaiknya dari kalangan profesional ya. Mesti dihindari betul menunjuk menteri di tahun politik, menterinya dari kalangan politisi. Hampir pasti tak bisa dijamin akan fokus bekerja sesuai dengan tugas pokok kementeriannya," kata Lucius Karus kepada rilis.id, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan akan ada perombakan kabinet pada awal tahun depan. Pasalnya, beberapa anggota kabinet dipastikan maju dalam kontestasi pemilihan calon kepala daerah. Salah satunya Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Dia maju di Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Posisi Menteri Sosial, kata Lucius, punya peran strategis karena intens bersentuhan dengan masyarakat. Karenanya, jika diisi oleh kalangan politisi, potensi penyalahgunaan anggaran untuk kepentingan politik semakin terbuka.

"Kalau pengganti Khofifah berasal dari politisi, selain fokusnya yang sulit dijamin, ada potensi menyalahgunakan anggaran untuk kepentingan politik," pungkas Lucius.


#Khofifah Indar Parawansa
#Reshufle Kabinet
500
komentar (0)