logo rilis
Ini Sejumlah Virus di Dunia yang Pernah Mewabah Sebelum Corona
Kontributor
Tari Oktaviani
28 Januari 2020, 12:08 WIB
Ini Sejumlah Virus di Dunia yang Pernah Mewabah Sebelum Corona
Ilustrasi Wabah Penyakit. RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Virus Corona kini tengah menghantui berbagai negara lantaran penyebaranya yang begitu cepat. Belum lagi jumlah korban meninggal yang semakin bertambah membuat penderita dan orang lain yang belum terinfeksi merasa sangat ketakutan.

Pemerintah China menyatakan korban meninggal akibat wabah virus corona mencapai 80 orang dengan lebih dari 2.300 orang terinfeksi per tanggal 27 Januari 2020.

Namun begitu ternyata corona bukanlah virus pertama yang pernah mewabah dan menakutkan. Beberapa tahun silam pun dunia pernah dikejutkan dengan virus yang mewabah. 

1. Wabah Penyakit Kolera

Kolera sebetulnya bukan berasal dari virus. Kolera adalah penyakit diare akut dikarenakan adanya infeksi usus akibat bakteri Vibrio Cholerae. Akibat diare akut tentu membuat pasien dehidrasi parah dan menyebabkan nyawa tidak tertolong.

Pada 1830 dan 1847 wabah Kolera pertama kali ditemukan. Lantaran pengetahuan yang masih minim akibatnya kolera menewaskan puluhan ribu orang di Eropa.

Setelah sempat hilang, kolera kembali mewabah pada tahun 2017 di Yaman. Hal ini dikarenakan saat itu tengah terjadi perang sehingga membuat warga kesulitan mendapat air bersih. Akibatnya mereka meminum air kotor yang sudah terkontaminasi dengan tinja.

Wabah ini mengakibatkan hampir jutaan orang terinfeksi dan 1.975 orang tewas.

"Jumlah total dugaan kasus kolera di Yaman tahun ini mencapai angka setengah juta pada hari Minggu (13/8), dan hampir 2.000 orang telah meninggal sejak wabah mulai menyebar dengan cepat pada akhir April," bunyi pernyataan lembaga WHO. 

2. Wabah Virus SARS

Sars sebetulnya hampir mirip dengan virus corona. Pertama kali virus ini muncul pada tahun 2002. Pertama kali virus ini berasal dari Guangdong, Cina. Virus ini menyebar ke 37 negara. 

SARS memiliki gejala seperti demam diserta gejala masalah pernapasan. Penyebarannya pun sama yakni adanya kontak dengan si penderita. Kontak seperti bersin, batuk dan air liur

Akibat wabah itu dari 8.069 kasus muncul, menewaskan 775 orang. Lalu pada Juli 2013, wabah SARS yang menyebar telah terkendali.

3. Wabah Virus MERS

Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV) adalah penyakit saluran pernapasan yang juga disebabkan oleh coronavirus. Penyakit ini berasal dari unta yang kemudian menular ke manusia. 

Meski MERS tidak mudah menular dari manusia ke manusia namun efek tingkat kematiannya lebih besar. Wabah ini menewaskan 35 persen dari sekitar 2.494 orang yang terinfeksi. Sejak 2012, sebanyak 2.494 kasus di 27 negara dan membunuh sekitar 858 orang. 

4. Virus Flu Burung

Flu burung pertama kali dilaporkan pada tahun 1878 di Italia. Awalnya, penyakit ini diduga seperti kolera yang ada di unggas. Namun akhirnya virus ini juga menyerang manusia dimana penularannya berasal dari unggas. Infeksi flu burung pada manusia pertama kali ditemukan di Hong Kong pada tahun 1997 dengan jumlah kasus 18 orang dan 6 di antaranya meninggal.

WHO mencatat manusia dapat terinfeksi flu burung (influenza A virus) subtipe H5N1, H7N9, dan H9N2. 

Pada akhir tahun 2005, Indonesia mencatat 20 kasus dengan 13 kematian. Sedangkan WHO mencatat hingga 10 Mei 2019, muncul 861 kasus dengan 455 kematian akibat flu burung.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Berbagai Sumber




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID