Home » Peristiwa » Nasional

Ini Rekam Jejak Airlangga Menurut Sahabatnya

print this page Senin, 4/12/2017 | 06:45

Calon Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (tengah). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Calon Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sejak duduk di bangku kuliah sangat erat dengan dunia politik. Airlangga adalah seorang aktivis mahasiswa di Universitas Gajah Mada (UGM), kata Ketua DPP Golkar Happy Bone Zulkarnain yang juga sahabatnya itu. 

Ini potret rekam jejak yang menjadi prestasi dari Airlangga versi Happy. 

Happy yang merupakan senior Airlangga di Golkar ini sangat yakin, sahabatnya tersebut dapat menggantikan posisi Setya Novanto sebagai ketua umum dalam Munaslub yang bakal segera digelar Partai Golkar. 

"Tidak hanya itu Pak Airlangga juga adalah mahasiswa berprestasi di UGM. Kemudian beliau juga lulusan S2 di Melbourne, Australia," kata Happy kepada rilis.id, di Jakarta, Senin (4/12/2017). 

Tak hanya dunia politik, katanya, Airlangga tergolong pengusaha sukses. Ia tercatat pernah berkarier di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). 

"Waktu di Kadin dan Hipmi, beliau itu bisa dikatakan anak muda yang rising star," Happy menceritakan. 

Karena itulah, Kadin sekarang mendukung Airlangga untuk memimpin Golkar ke depannya. "Tidak hanya itu, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) juga mendukung dia. Artinya secara profesional Pak Airlangga sangat dibutuhkan. Orang senang ketika dia dicalonkan," tuturnya. 

Happy mengisahkan, untuk rekam jejak Airlangga, dia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum di Kosgoro, organisasi sayap di Golkar. Lalu, di struktur inti DPP Golkar, pada masa Jusuf Kalla, Airlangga dipercaya menjadi wakil bendahara umum (Wabendum). 

"Terus di masa Pak Aburizal Bakrie, beliau jadi bendahara umum. Terus sekarang di zaman Pak Novanto menjabat korbid ekonomi," kisahnya. 

Kemudian prestasi Airlangga di parlemen, lanjut Happy, di DPR dia sempat didapuk sebagai Ketua Komisi VII bidang energi sumber daya mineral (ESDM), lingkungan hidup dan riset & teknologi. Lalu, di eksekutif, saat ini Airlangga dipercaya oleh Presiden Jokowi menjadi menteri Perindustrian. 

"Dan yang paling penting, dari semua rangkaian perjalanan Pak Airlangga itu, beliau tidak pernah tersandung masalah hukum," terang Happy. 

Saat menjadi menteri, sambungnya, terjadi akselerasi perindustrian yang luar biasa. Sehingga Airlangga pun menjadi salah satu menteri yang diandalkan oleh Presiden Jokowi. 

"Misalnya salah satu contoh, vokasi untuk satu juta karyawan dalam negeri. Karena di era pasar bebas sekarang ini kan profesional dari luar negeri bisa masuk, jadi kalau tidak disikapi, ini akan menyebabkan profesional Indonesia itu kalau tidak siap bisa menjadi marginal," jelasnya. 

Airlangga dianggapnya mampu mengimbangi orang yang datang dari luar negeri itu dengan kebijakan vokasi tersebut. Sehingga banyak peluang industri baru yang dihasilkan dari kinerjanya. 

"Pak Airlangga juga tak cengeng mengatakan kita tidak siap. Dia hanya tidak ingin membiarkan semua peluang itu diambil orang lain," pungkasnya. 

Penulis Taufiq Saifuddin
Editor Syahrul Munir

Tags:

Rekam JejakKamar Dagang dan IndutriKadinHimpunan Pengusaha Muda IndonesiaHipmiKosgoroDPP Partai GolkarAirlangga Hartarto