logo rilis

Ini Penyebab Seringnya Pemadaman di Jayapura
Kontributor
Kurnia Syahdan
27 Maret 2018, 15:30 WIB
Ini Penyebab Seringnya Pemadaman di Jayapura
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jayapura— Pohon tumbang dan menimpa kabel listrik menjadi penyebab terjadinya pemadaman di Kota Jayapura, Papua, belakangan ini.

Menurut Manager PT PLN (Persero) Area Jayapura John Yarangga, pihaknya telah melakukan 'perampalan' tetapi itu di wilayah kota.

"Namun, jaringan yang tertimpa pohon ternyata di Skouw (Muara Tami) dan menyebabkan pemadaman di sekitar daerah tersebut," katanya di Jayapura, Selasa (27/3/2018).

John mengklaim, petugasnya secara rutin melakukan penebangan terhadap pohon yang jaraknya dianggap terlalu dekat dengan jaringan kelistrikan.

PLN pun bersedia bila ada masyarakat yang meminta bantuan untuk menebang pohon miliknya, karena dianggap beresiko mengenai jaringan kelistrikan.

"Jadi kita minta masalah pohon ini kita selesaikan dulu supaya jaringan aman. Kalau peralatan kita bisa ganti kapan saja. Masih ada masyarakat yang pohonnya mau kita tebang mereka minta biaya dan jumlahnya besar," kata dia.

Yarangga menjelaskan, jarak aman pohon dari jaringan kelistrikan adalah 2,5 meter.

Dengan jarak tersebut maka bila terjadi cuaca buruk dan menyebabkan pohon tumbang, jaringan kelistrikan tidak terganggu.

Selain pemadaman karena adanya gangguan jaringan, ia juga menyebut pihaknya kerap melakukan pemeliharaan.

Hanya saja, sebelum hal tersebut dilakukan, PLN terlebih dahulu mengeluarkan pemberitahuan melalui berbagai media.

"Kita tidak padam selama satu minggu lalu karena kita bantu untuk persiapan UNBK. Pemadaman terjadi secara terencana karena pemeliharaan jaringan," katanya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)