logo rilis

Ini Laporan Tjahjo ke Presiden soal Perekaman e-KTP
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
04 April 2018, 21:08 WIB
Ini Laporan Tjahjo ke Presiden soal Perekaman e-KTP
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengungkapkan hasil rapat terbatas kabinet soal KTP elektronik yang dipimpinnya langsung Presiden Joko Widodo. 

"Arahan Bapak Presiden, Mendagri segera membuat Permendagri yang intinya memberi batas waktu dalam hitungan jam bagi masyarakat yang akan mengurus e-KTP di seluruh wilayah NKRI," kata Tjahjo, di Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Karena itu, kata Tjahjo, dalam minggu ini, ia akan segera mengeluarkan Permendagri. Di mana aturan ininantinya akan menegaskan bahwa pembuatan e-KTP, baik di pusat maupun daerah, maksimal satu jam harus selesai.

"Kecuali di daerah ada gangguan komputer *error atau masalah listrik padam bisa menjadi pertimbangan," kata dia.

Dalam rapat tersebut, ia juga telah melaporkan progres perekaman KTP per hari ini. Kata Tjahjo, perekaman sudah mencapai 97,4 persen. Sisanya, masih terus dikejar. Ia pun mengimbau agar masyarakat juga lebih pro aktif.

"Saya sebagai Mendagri juga melaporkan kepada rapat kabinet terkait penduduk yang pada hari H pemungutan suara Pilkada menginjak usia dewasa. Dalam daftar pemilih belum masuk perekaman, jumlahnya masih tercatat 2,2 juta pemilih," katanya. 

Terkait permasalahan ini, kata Tjahjo, kementerian yang dipimpinnya telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Ia juga berharap, pemilih yang nanti akan menginjak dewasa saat pemungutan suara, untuk mendatangi kecamatan setempat. Dengan melapor, ia harap prosesnya bisa lebih cepat, sehingga mereka terdaftar sebagai pemilih.

Sumber: kemendagri.go.id


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)