logo rilis
Ini Kelebihan Pilkada Langsung versi Kemendagri
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
21 Maret 2018, 08:10 WIB
Ini Kelebihan Pilkada Langsung versi Kemendagri
Direktur Poldagri Kemendagri, Bahtiar. FOTO: RILIS.ID/AM Ikhbal

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai, salah satu kelebihan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langsung, yakni membuat pemilih mengenal konkret kandidat pemimpin di daerahnya.

Direktur Politik Dalam Negeri, Bahtiar, mengatakan dengan begitu, masyarakat pun bisa menikmati proses pemilihan dan mengetahui secara pasti visi misi, serta program yang digembar-gemborkan calonnya.

"Kepala daerah yang terpilih tentu akan merepresentasikan aspirasi dari masyarakat di daerah tersebut," ujar dia kepada rilis.id, Rabu (21/3/2018).

Pilkada langsung juga menjadikan suara pemilih sangat berharga. Karena, kepentingan rakyat bakal jadi fokus perhatian calon kepala daerah. Ini juga mempengaruhi legitimasi kepala daerah terpilih nantinya.

"Pemerintah daerah akan kuat dengan legitimasinya karena tidak mudah diguncang oleh DPRD," kata Bahtiar. 

Menurut Bahtiar, pelaksanaan pilkada langsung bisa menjadi alat ukur partisipasi, pemahaman, serta pentingnya politik bagi masyarakat. 

Tak hanya itu, dalam Pilkada langsung, ketokohan seorang calon juga akan jadi daya tarik tersendiri bagi pemilih ketimbang sepak terjang partai pengusungnya.  

"Artinya besar kecil parpol yang mengusungnya pada pelaksanaan pemilihan tidak berkorelasi kuat terhadap keberhasilan atau keterpilihan calon kepala daerah," kata Bahtiar.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)