Home » Peristiwa » Daerah

Ini Kegiatan Lain Menteri PUPR di Manado

print this page Rabu, 15/11/2017 | 08:09

Permainan Gateball akan dipertandingkan di PON. FOTO: Pergatsi

RILIS.ID, Manado— Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara. Dalam kunjungan tersebut juga disela dengan kegiatan lain.

Basuki yang juga Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) dan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) periode 2016-2020 melantik kepengurusan Podsi dan Pergatsi Provinsi Sulawesi Utara periode 2017-2021 di Kota Manado.

"Pelantikan dua cabang olahraga (cabor) secara bersamaan ini dilakukan untuk efisiensi," katanya dalam keterangan tertulis kepada rilis.id di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Menurutnya meskipun keduanya merupakan olahraga berbeda namun dirinya terus mendorong dua cabor ini untuk terus berprestasi.

Basuki mengatakan, Gateball merupakan olahraga yang terjangkau karena sarana dan alatnya sangat sederhana. Untuk lapangan bermainnya, bagi Basuki tidak perlu yang luas.

"Gateball bisa dimainkan di taman-taman publik atau ruang-ruang terbuka hijau yang tidak terlalu luas. Alat pemukul Gateball harganya juga terjangkau dan bisa dipakai seumur hidup, juga bolanya," jelasnya.

Untuk itu, Basuki berharap pengurus baru Pergatsi Sulut yang baru dilantik untuk langsung membuat program kerjanya agar Pergatsi bisa lebih memasyarakat dan berprestasi sebagai cabor yang baru.

"Karena melihat perkembangan olahraga Gateball ini yang cukup pesat, maka KONI akhirnya menyetujui Gateball ini menjadi olahraga prestasi," pungkasnya.

Sekedar informasi, Olahraga Gateball merupakan olahraga yang bisa diikuti baik oleh laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda bahkan satu keluarga bisa menjadi satu tim dalam olahraga ini. 

Olahraga Gateball masuk di Indonesia pertama kali tahun 1995 di Bali yang dibawa oleh wisatawan Jepang dan kemudian berkembang hingga terbentuk kepengurusan pada tahun 2010 dan masuk ke dalam Federasi Olah Raga dan Rekreasi. 

Menurutnya, sekarang ini Gateball sudah masuk KONI. Tahun 2020 Gateball akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

Untuk diketahui, ketua umum baru Podsi Sulut periode 2017-2022 yang dilantik oleh Basuki, dijabat oleh Djidon R Watania. Sedangkan ketua umum Pergatsi Sulut di duduki oleh Edwin Silangen.

Penulis Tio Pirnando
Editor Yayat R Cipasang

Tags:

menteri pupr podsi pergatsi

loading...